Penyebab dan Cara Alami Mengatasi Gigi Sensitif

rina

Penyebab dan cara alami mengatasi gigi sensitif - Gigi memiliki peranan sangat penting bagi kehidupan sehari-hari, dan salah satu yang paling penting dari peranan gigi adalah saat kita makan. Karena dengan adanya gigi, makanan akan terkunyah lebih lembut, sehingga akan mudah dicerna oleh sistem pencernaan dalam tubuh.

Berbicara mengenai gigi, menjaga kesehatan gigi sangatlah penting mengingat peranannya yang sangat penting bagi kehidupan sehari-hari. Bayangkan jika gigi anda sensitif dan sering ngilu? Pasti akan susah mengunyah makanan ketika makan. Gigi yang sensitif dan mudah ngilu biasanya disebabkan karena terlalu sering mengkonsumsi makanan yang terlalu dingin atau terlalu panas. Dan juga setelah anda mengkonsumsi makanan panas lalu seketika mengkonsumsi makanan dingin atau sebaliknya.

Untuk mengatasi masalah gigi yang sensitif atau mudah mengalami ngilu, sebenarnya ada banyak cara yang bisa anda lakukan. Dan tentunya yang paling aman yaitu dengan menggunakan cara alami. Namun selain tahu bagaimana cara mengatasi masalah gigi sensitif, alangkah baiknya anda juga tahu apa saja penyebab gigi sensitif. Berikut ini beberapa penyebab gigi sensitif:

Penyebab dan Cara Alami Mengatasi Gigi Sensitif
Penyebab dan Cara Alami Mengatasi Gigi Sensitif

Penyebab gigi sensitif

1. Gosok gigi berlebihan

Memang jarang menggosok gigi dapat menyebabkan gigi menjadi rusak, berkarat, dan mudah terserang penyakit. Namun anda juga perlu tahu bahwa menggosok gigi berlebihan dapat pula menyebabkan gigi menjadi rusak, yaitu gigi menjadi sensitif dan mudah ngilu. Sebaiknya gunakan sikat gigi yang tidak terlalu kasar, menyikat tidak terlalu sering, dan tidak terlalu keras atau kuat.

2. Membiarkan penumpukan sisa makanan di sela-sela gigi

Sisa-sisa makanan yang menempel pada sela-sela gigi sangat perlu dibersihkan. Sebab hal ini dapat menyebabkan gigi mudah terserang bakteri, ompong, dan gigi mudah sensitif. Ini juga dapat memicu pembusukan makanan dan mendukung perkembangbiakan bakteri secara cepat dan merusak email gigi sehingga gigi semakin sensitif dan ngilu.

3. Makanan atau minuman terlalu panas, dingin, asam, dan manis

Apakah anda sering mengkonsumsi makanan atau minuman panas atau dingin? Jika iya, itulah yang menyebabkan gigi anda mudah linu dan sensitif. Mengkonsumsi makanan terlalu panas, terlalu dingin seperti es juga menyebabkan gigi linu. Hindarilah makanan dan minuman yang terlalu panas atau terlalu tingin.

4. Infeksi gigi terus menerus

Infeksi gigi memang kadang tidak bisa diduga-duga. Biasanya infeksi gigi disebabkan karena adanya bakteri yang menyerang bagian gigi dan gusi. Selain itu, bisa juga infeksi gigi disebabkan akibat adanya luka pada gusi dan gigi.

Cara mengatasi gigi sensitif

1. Gunakan pasta gigi khusus

Untuk mengatasi gigi sensitif, anda disarankan menggunakan pasta gigi khusus untuk gigi sensitif. Ini bertujuan agar gigi anda tahan terhadap berbagai macam makanan, dan gigi anda akan lebih cepat sembuh dari kesensitifan. Pasta gigi seperti ini biasanya mengandung zat-zat perlindungan bagi email gigi, penghilang rasa ngilu dan membersihkan gigi dari kuman

2. Menggunakan pembersih mulut teratur

Membersihkan mulut secara teratur merupakan langkah baik untuk mengatasi masalah gigi sensitif. Mengapa demikian? Karena mungkin saja banyak sisa makanan yang menempel di sela-sela gigi yang membuat gigi menjadi sensitif. Pembersih mulut (mouthwash) digunakan secara teratur dan rutin untuk menjaga kebersihan mulut dan gigi dari bakteri dan pembusukan sisa makanan.

3. Pilih sikat gigi yang lembut

Sikat gigi juga perlu anda perhatikan, jangan sembarang memilih jenis sikat gigi, harus yang cocok, tidak terlalu kasar, dan juga nyaman ketika dipakai. Pilihlah sikat gigi yang lembut dan tidak menyebabkan iritasi dan infeksi pada gigi. Karena sikat gigi yang keras dan kaku dapat menyebabkan menipisnya lapisan email gigi akibat terkikis setiap hari.

4. Minum susu sapi

Berdasarkan penelitian, bahwa suatu subtansi yang diisolasi dari susu sapi ternyata dapat berguna untuk menstabilkan ion fosfat, kalsium dan fluoride. Sehingga dapat berdifusi kedalam email gigi yang akan membentuk suatu susunan kristal yang akan menggantikan susunan email gigi yang rusak. Sangat cocok bagi anda untuk mengatasi masalah gigi sensitif.

5. Hindari makanan manis

Penyebab dan cara alami mengatasi gigi sensitif. Gigi memiliki peranan sangat penting bagi kehidupan sehari-hari, dan salah satu yang paling penting dari peranan gigi adalah saat kita makan. Karena dengan adanya gigi, makanan akan terkunyah lebih lembut, sehingga akan mudah dicerna oleh sistem pencernaan dalam tubuh.

Berbicara mengenai gigi, menjaga kesehatan gigi sangatlah penting mengingat peranannya yang sangat penting bagi kehidupan sehari-hari. Bayangkan jika gigi anda sensitif dan sering ngilu? Pasti akan susah mengunyah makanan ketika makan. Gigi yang sensitif dan mudah ngilu biasanya disebabkan karena terlalu sering mengkonsumsi makanan yang terlalu dingin atau terlalu panas. Dan juga setelah anda mengkonsumsi makanan panas lalu seketika mengkonsumsi makanan dingin atau sebaliknya.

6. Gunakan larutan garam untuk berkumur

Berkumur menggunakan air larutan garam juga baik untuk kesehatan mulut dan gigi anda. Berdasarkan penelitian menyebutkan bahwa air garam mampu membunuh bakteri yang ada dalam mulut. Sehingga gigi bersih dari bakteri dan terhindar dari rasa sensitif terhadap berbagai jenis makanan.

7. Jangan mengkonsumsi makanan terlalu panas atau dingin

Bukan hanya makanan atau minuman manis saja, anda pun juga perlu menghindari makanan atau minuman yang bersuhu terlalu panas atau terlalu dingin. Makanan tersebut akan merusak gigi anda dengan cepat dan membuat gigi menjadi sensitif. Oleh sebab itu jangan terburu-buru dan rakus mengunyahnya dalam kondisi panas atau dingin.

Anda juga perlu menghindari berbagai macam makanan manis, seperti permen, coklat, roti biskuit yang manis. Biasanya makanan yang manis akan sering menyisakan sisa makanan di sela-sela gigi. Selain itu, makanan manis dan lengket juga memicu terjadinya gigi berlubang jika terlalu sering dikonsumsi. Oleh sebab itu kurangi konsumsi makanan manis.


Demikianlah informasi tentang Penyebab dan Cara Alami Mengatasi Gigi Sensitif. Semoga informasi diatas bermanfaat. Terimakasih.

0 comments:

Post a Comment

Terimakasih telah berkunjung ke situs kami, Silahkan tinggalkan komentar