10 Cara Alami dan Ampuh Redakan Nyeri Punggung

Cara alami dan ampuh redakan nyeri punggung - Anda pernah mengalami sakit pada punggung atau nyeri punggung? Biasanya nyeri punggung ini sering dialami di tempat kerja atau di sekolahan. Sehingga tak jarang orang yang sedang bekerja atau sekolah mengeluhkan rasa sakit pada punggung, karena sering duduk atau aktivitas yang penggerakan tubuhnya kurang tepat.

Berbicara mengenai nyeri punggung, memang tidak asing lagi gangguan kesehatan yang satu ini, karena banyak yang mengeluhkan sakit punggung yang satu ini. Nyeri ini bisa disebabkan oleh berbagai faktor seperti dikarenakan adanya ketegangan otot, cakram yang menonjol, artritis, ketidakteraturan tulang pungung, atau osteoporosis. Lalu bagaimana cara mengetasinya atau mengobatinya?

Untuk mengobati nyeri pada tulang punggung anda, ada berbagai macam cara yang bisa anda pilih untuk anda gunakan agar rasa nyeri pada tulang punggung bisa hilang. Tentunya menggunakan cara alami dan aman. Berikut ini beberapa cara alami yang ampuh redakan nyeri punggung:
10 Cara Alami dan Ampuh Redakan Nyeri Punggung
10 Cara Alami dan Ampuh Redakan Nyeri Punggung

1. Pijatan

Untuk mengobati nyeri punggung secara alami, anda bisa mencoba memijat punggung anda secara perlahan. Jika anda kesulitan, anda bisa menggunakan jasa pijat profesional, bagian otot-otot pada punggung anda akan kembali bekerja dengan baik dan rasa nyeri serta ketegangan akan menghilang. Cara tradisional ini telah dipercaya sejak dulu yang ampuh meredakan nyeri punggung.

2. Bantal hangat

Anda bisa memanfaatkan bantal hangat untuk meredakan nyeri punggung. Anda cukup meletakkan bantalan hangat pada bagian belakang tubuh. Cara ini dapat membantu merelaksasi otot-otot, sehingga pegal dan kaku menghilang. Lakukanlah disaat anda sedang bersantai di rumah.

3. Berolahraga

Olahraga ringan juga perlu anda lakukan untuk menghilangkan nyeri punggung. Karena biasanya orang yang memiliki berat badan berlebih memiliki risiko terkena sakit punggung lebih besar. Oleh sebab itu, olahragalah secara rutin setiap pagi hari, hanya perlu olahraga kecil atau ringan, yaitu dengan melakukan senam kecil ataupun aerobik. Jika sudah terbiasa, perlahan beralihlah ke olahraga yang lebih berat seperti berlari, push up, dan sebagainya.

4. Yoga

Salah satu olahraga yang menghasilkan ketenangan serta dapat meredakan nyeri punggung yaitu yoga. Yoga dapat membantu mengurangi sakit punggung dengan mengurangi gejala secara bertahap selama beberapa bulan. Anda hanya perlu melakukan yoga secara rutin agar pikiran anda bisa lebih tenang dan nyeri punggung hilang.

5. Banyak istirahat

Anda juga perlu banyak beristirahat. Artinya banyak bukan berlebihan, akan tetapi perlu istirahat yang cukup agar kondisi punggung anda bisa kembali normal. Jika anda mengalami nyeri punggung, maka banyak-banyak mengistirahatkan punggung untuk mempercepat proses penyembuhan. Tapi ingat, jangan terlalu lama, karena jika terlalu lama juga akan memperlambat penyembuhan.

6. Peregangan

Melakukan peregangan tubuh juga dapat membantu meredakan nyeri pada punggung anda. Lakukan latihan peregangan ringan. Hindari gerakan menyentak, melempar, atau gerakan lain yang memperparah rasa sakit. Jangan melakukan pergerakan berdiri atau duduk dalam posisi membungkuk atau terlalu condong ke belakang. Lakukan secara rutin.

7. Ramuan jahe

Salah satu rempah-rempah yang dapat anda manfaatkan untuk meredakan nyeri punggung yaitu jahe. Sifat antiinflamasi pada jahe dapat membantu menghilangkan nyeri pungung. Terlebih lagi jika nyeri tersebut diakibatkan oleh otot-otot yang meradang. Anda bisa membuat ramuan jahe menjadi jamu atau membeli jamu pegel linu. Tambahkan madu untuk hasil lebih maksimal.

8. Mengkonsumsi madu

Madu juga kaya akan kandungan alami yang dapat membantu meredakan nyeri punggung. Dengan mengkonsumsi madu secara rutin, nyeri punggung akan terhindarkan. Anda bisa mengkonsumsi madu secara langsung atau bisa dicampurkan dalam minuman seperti wedang yang bersifat hangat.

9. Menggunakan Bawang putih

Nyeri punggung bisa diredakan dengan memanfaatkan bawang putih. Yaitu dengan menggosok-gosokkan irisan bawang putih pada punggung anda secara merata dan berlahan. Dengan menggosokkan irisan bawang putih tersebut, maka nyeri punggung secara perlahan akan menghilang dan reda.

10. Masker kentang

Anda juga bisa menggunakan kentang sebagai masker, yaitu masker pada punggung anda. Cukup menghaluskan beberapa kentang lalu gunakan untuk melulurkan pada punggung anda secara merata disertai dengan pijatan perlahan. Terapi yang dilakukan secara rutin ini akan membantu menyembuhkan nyeri punggung dan menghindarkannya.

Demikianlah informasi tentang 10 Cara Alami dan Ampuh Redakan Nyeri Punggung. Semoga informasi diatas bermanfaat. Terimakasih.

0 comments:

Post a Comment

Terimakasih telah berkunjung ke situs kami, Silahkan tinggalkan komentar