Penyebab Kulit Wajah Kemerahan dan Cara Mengatasinya

Penyebab kulit wajah kemerahan dan cara mengatasinya - Anda pernah mengalami kulit wajah anda secara tiba-tiba memerah? Bukan karena malu, tapi anda sendiri tidak tahu apa yang menyebabkan kulit wajah anda memerah dengan sendirinya.

Berbicara mengenai kulit wajah yang berubah menjadi kemerahan, sebenarnya ada banyak penyebab yang melatarbelakanginya. Penyebab yang paling utama adalah kurangnya kesadaran dalam melakukan perawatan, yang dimaksud bukan perawatan wajah yang menghabiskan biaya mahal, akan tetapi perawatan menjaga kesehatan dan kecantikan kulit wajah anda, yaitu dengan mengkonsumsi makanan sehat, olahraga teratur yang dapat membantu mengencangkan kulit, dan juga membersihkan kulit wajah dengan benar ketika sudah waktunya.

Lalu bagaimana cara mengatasinya apabila kulit wajah berubah kemerahan? Cara mengatasinya, sebenarnya anda tidak perlu repot, hanya perlu menggunakan bahan-bahan alami yang ada di sekitar kita. Namun sebelum anda mengobati atau mengatasinya, anda perlu tahu dulu apa penyebabnya. Berikut ini beberapa penyebab kulit wajah kemerahan dan cara mengatasinya:
Penyebab Kulit Wajah Kemerahan dan Cara Mengatasinya
Penyebab Kulit Wajah Kemerahan dan Cara Mengatasinya

Penyebab kulit wajah kemerahan

1. Akibat bekas jerawat

Jika anda merasa kulit wajah anda berubah kemerahan, mungkin saja disebabkan karena adanya bekas jerawat yang masih tersisa yang sulit dihilangkan. Biasanya bekas jerawat muncul akibat sering memencet paksa jerawat yang masih ada, sehingga menimbulkan bekas dan berdampak pada kulit wajah yang berubah warna menjadi merah. Begitu juga saat membersihkan wajah tidak boleh terlalu keras menggosok kulit wajah yang akan menyebabkan kulit memerah.

2. Alergi pada wajah

Anda memiliki alergi pada kulit wajah anda? Mungkin saja anda alergi terhadap produk kecantikan yang mengandung bahan tertentu atau alergi makanan tertentu yang membuat kulit wajah anda menjadi merah. Bukan hanya itu, bisa saja alergi pada kulit wajah anda disebabkan karena air, debu, atau lainnya. Sehingga jika kulit wajah anda bersentuhan dengan benda tersebut akan berubah memerah bahkan bentol-bentol.

3. Kesalahan dalam menggunakan produk

Seperti yang telah dijelaskan di atas, kesalahan menggunakan produk bisa menyebabkan kulit wajah menjadi kemerahan, bahkan hal ini bisa menyebabkan alergi seperti pada poin 2. Jadi, dalam memilih produk perawatan kulit wajah anda tidak boleh sembarangan, karena tidak semua produk kecantikan sama, ada beberapa kandungan yang mungkin saja tidak cocok dengan kulit wajah anda.

4. Wajah merah karena sinar matahari

Anda sering berada di luar ruangan? Atau mungkin memang pekerajaan anda menuntut agar anda sering berada di luar ruangan yang terpapar sinar matahari? Jika kulit anda tergolong kulit yang agak sensitif, mungkin bisa saja kulit anda terpengaruh dan menjadi kemerahan. Memang sinar matahari baik untuk kesehatan dan mengandung vitamin D, tapi hal itu hanya di pagi hari saja, tidak di siang hari.

5. Kulit yang menipis

Apakah anda memiliki kulit yang tipis dan bahkan sensitif? Jika demikian, maka anda perlu berhati-hati dalam menjaga kesehatan dan kecantikan kulit wajah anda. Biasanya menipisnya kulit wajah disebabkan karena anda sering memakai produk yang bersifat merubah kondsi kulit seperti memnyembuhkan jerawat dan memutihkan wajah dan biasanya produk tersebut berbentuk salep atau cream. Jika penggunaan berlebihan maka bisa menyebabkan kulit wajah menjadi merah.

Cara mengatasi kulit wajah yang kemerahan

1. Sementara jangan menggunakan produk apapun

Apakah anda sering bergonta-ganti produk kecantikan wajah? Jika iya, mungkin itulah salah satu penyebab mengapa kulit wajah anda memerah dan bahkan rusak. Maka solusinya untuk sementara anda jangan menggunakan produk apapun. Saat kulit wajah memerah, itu tanda adanya peradangan dan sangat tidak di rekomendasikan untuk menggunakan produk yang berbahan kimia karena itu hanya akan membuat kulit menjadi iritasi. Tapi tenang, ini hanya sementara sampai wajah kembali normal.

2. Masker mentimun

Anda juga bisa menggunakan mentimun untuk membantu mengatasi masalah kemerahan pada kulit wajah anda. Yaitu dengan cara menghaluskan mentimun dan tambahkan satu sendok madu, apabila sudah tercampur rata maka tinggal oleskan saja pada wajah. Lalu diamkan selama kurang lebih 30 menit dan bilas dengan air bersih.

3. Menggunakan Teh hijau

Teh memiliki kandungan yang baik sekali untuk kesehatan tubuh. Kandungan zat antioksidan tinggi sangat baik untuk kesehatan kulit. Selain menghaluskan wajah juga dapat menghilangkan efek kemerahan pada wajah. Caranya cukup memasukkan sari teh kedalam air hangat dan saring sari teh tersebut lalu oleskan secara merata menggunakan kapas pada area wajah anda, lalu diamkan kurang lebih 15 menit dan bilas dengan air bersih. Lakukan secara teratur.

4. Menggunakan air es

Anda juga bisa mencoba cara yang praktis dan simpel ini, cukup menggunakan air es untuk menghilangkan kemerahan pada kulit wajah. Menggunakan air es dapat menghilangkan minyak dan kotoran dari wajah anda. Anda cukup mengusap-usapkan air es atau es batu pada kulit wajah anda secara peralahan.

5. Menggunakan pepaya

Masker pepaya memang terkenal akan manfaatnya sangat baik untuk kesehatan dan kecantikan tubuh. Anda bisa memanfaatkannya untuk mengatasi kemerahan pada kulit wajah anda. Anda cukup menyiapkan beberapa potong buah pepaya masak, lalu haluskan dan oleskan pada seluruh bagian kulit wajah anda yang memerah. Tunggu kurang lebih 15-20 menit kemudian bilas dengan air bersih.

6. Menggunakan lidah buaya

Lidah buaya tidak hanya baik untuk kesehatan rambut saja, tapi juga baik untuk kesehatan kulit wajah anda. Anda bisa memanfaatkan lidah buaya untuk mengatasi kemerahan pada kulit wajah. Caranya cukup ambil setengah potong dahan lidah buaya. Ambilah bagian gel nya lalu oleskan secara perlahan dan merata pada bagian kulit wajah anda yang memerah, diamkan selama 15-20 menit kemudian bilas dengan air bersih. Lakukanlah secara rutin agar kemerahan hilang dan wajah tampak lebih halus.


Demikianlah informasi tentang Penyebab Kulit Wajah Kemerahan dan Cara Mengatasinya. Semoga informasi diatas bermanfaat. Terimakasih.

0 comments:

Post a Comment

Terimakasih telah berkunjung ke situs kami, Silahkan tinggalkan komentar