Dampak Buruk Tidur di Pagi Hari bagi Kesehatan

Dampak buruk tidur di pagi hari bagi kesehatan - Tidur adalah salah satu aktivitas yang memang menyenangkan jika tidak dilakukan secara berlebihan. Ya, karena dengan tidur, maka segala aktivitas yang ada di pikiran kita akan berhenti untuk beristirahat, sehingga ketika bangun maka pikiran, otak, badan akan fresh kembali.

Berbicara mengenai tidur, memang ini merupakan aktivitas wajib yang harus dilakukan setiap harinya, akan tetapi tetap dalam takaran waktu yang pas dan cukup, tidak berlebihan juga tidak kekurangan. Lalu, waktu yang tepat untuk tidur pada pukul berapa? Untuk menjaga kesehatan, maka yang baik adalah tidur pada pukukl 21.00 - 04.30 WIB, jadi antara 7-8 jam sehari. Itulah waktu yang terbaik untuk tidur. Lalu bagaimana jika tidur di pagi hari, apakah itu baik untuk kesehatan atau justru berdampak buruk bagi kesehatan?

Berdasarkan penelitian, memang tidur di pagi hari tidak baik untuk kesehatan, apalagi jika hal itu sering dilakukan, maka akan berdampak buruk bagi kesehatan. Lalu bagaimana jika malamnya begadang lalu paginya tidur? Sama saja hal itu tidak baik untuk kesehatan, kecuali jika ada hal yang mendesak, untuk satu atau dua kali tidak menjadi masalah. Apa saja dampak buruknya? Berikut ini beberapa dampak buruk tidur di pagi hari bagi kesehaan:
Dampak Buruk Tidur di Pagi Hari bagi Kesehatan
Dampak Buruk Tidur di Pagi Hari bagi Kesehatan

1. Bangun tidak dalam kondisi fresh

Ketika anda tidur di pagi hari, memang terasa menyenangkan, namun ketika anda bangun badan anda akan terasa tidak nyaman dan tidak dalam kondisi fresh. Mungkin banyak orang beranggapan bahwa begadang semalaman untuk belajar dapat meningkatkan prestasi dan tidur di pagi hari lalu bangun siang, sebenarnya hal ini tidaklah benar jika terus menerus dilakukan. Karena berdasarkan penelitian, begadang semalaman dan tidur di pagi hari dapat mengurangi prestasi.

2. Lesu dan lunglai seharian

Jika anda tidur di pagi hari, maka anda pasti akan merasakan lesu dan lunglai ketika anda bangun. Ya, rasanya sulit bangun dan tidak mau bangun. Dan seharian pun rasanya akan lemas tanpa semangat. Jika demikian, maka anda pun akan merasa malas untuk mengerjakan berbagai macam aktivitas hari-hari anda.

3. Malas untuk bangun

Biasanya mereka yang tidak mau bangun pagi dan melanjutkan tidurnya sampai siang hari, akan merasakan lelah dan lesu ketika bangun. Bukan hanya itu, anda akan merasa sangat malas ketika anda akan beraktivitas. Bukan hanya itu saja, jika berlebihan, maka anda akan sering mengantuk dan ingin kembali tidur saja. Padahal tidur lama memicu kerusakan otak.

4. Sakit kepala

Anda pernah merasakan sakit kepala setelah bangun tidur, yaitu tidur di pagi hari bangun siang? Memang itulah yang akan dirasakan jika tidur di pagi hari, kepala akan terasa sakit dan pusing. Hal ini disebabkan karena adanya semacam cairan yang bernama serebrospina yang masuk ke otak. Jika tidur pagi terlalu lama maka cairan ini terus mengalir ke otak dan menyebabkan sakit kepala. Oleh sebab itu, tidurlah dimalam hari dengan cukup agar tidak mengantuk di pagi hari.

5. Mengganggu sistem metabolisme

Sistem metabolisme tubuh juga bisa terganggu akibat terlalu banyak tidur, terutama tidur di pagi hari dan sore hari. Jika anda terlalu banyak tidur maka sistem metabolisme didalam tubuh akan menjadi terganggu. Idealnya, waktu pagi hari adalah waktu untuk sarapan agar energi bertambah dan semangat menjalani aktivitas, tidak malah digunakan untuk tidur dan bermalas-malasan.

6. Kanker darah

Siapa sangka kalau tidur pagi ternyata dapat memicu munculnya penyakit berbahaya dan mematikan, yaitu kanker, lebih tepatnya yaitu kanker darah. Tidur dipagi hari akan membuat kadar darah putih didalam tubuh anda meningkat, apabila anda terus menerus tidur pagi, maka akan sangat beresiko tubuh terserang penyakit kanker darah.

7. Kehilangan waktu produktif

Seperti yang kita ketahui bahwa waktu pagi adalah waktu produktif yang cocok untuk menjalankan berbagai macam aktivitas. Para ahli menganggap pagi hari adalah waktu paling produktif karena pikiran masih segar. Jika anda tidur terlalu lama bahkan hingga pagi sampai siang, maka sudah pasti anda kehilangan waktu produktif anda.

8. Disorientasi

Tidur terlalu lama akan membuat anda sulit berkonsentrasi dalam waktu lama. Kecuali, setelah bangun tidur Anda langsung berolahraga. Oleh karena itu, usahakan untuk tidak tidur di pagi hari, dan jangan lupakan olahraga ringan di pagi hari agar sistem metabolisme tubuh anda menjadi lancar, dan konsentrasi otak anda menjadi meningkat.

9. Terkena gangguan pencernaan

Bukan hanya konsentrasi saja yang terganggu, tapi juga sistem pencernaan anda juga akan terganggu jika tidur di pagi hari. Hal ini karena di pagi hari mulai terjadi proses penyerapan makanan di dalam tubuh anda. Dan itu hanya bisa di lakukan jika posisi tubuh anda dalam keadaan normal, sadar, dan bangun. Jika posisi anda sedang tidur atau tidak sadar, maka akan mengalami gangguan pada pencernaan, terutama lambung.

Bahaya tidur pagi menurut Islam

1. Menghalangi rezeki

Menurut pandangan islam, tidur di pagi hari memang tidak baik dan bahkan sangat tidak dianjurkan, kecuali di malam hari melakukan ibadah hingga membuat kantuk di pagi harinya. Hal ini karena tidur di pagi hari dapat menghalangi datangnya rezeki. Karena telah dijelaskan pula bahwa pagi hari adalah waktu yang tepat untuk mencari rizki.

2. Melewatkan waktu berkah

Selain waktu yang tepat untuk mencari rizki, pagi hari juga merupakan waktu yang mendatangkan banyak keberkahan. Perbanyaklah berdzikir di waktu itu, jika anda banyak aktivitas, anda bisa beraktivitas sambil berdzikir dan juga jangan lupakan untuk berdoa agar mendapatkan keberkahan. Keberkahan disini artinya sangat luas tetapi secara umum maknanya adalah bertambahnya kebaikan.

3. Mudah sakit

Bukan hanya menurut pendapat dokter saja yang mengatakan bahwa tidur di pagi hari dapat menyebabkan seseorang mudah sakit, dalam islam pun juga dikatakan demikian. Sebelum para peneliti modern mengatakan bahwa tidur dipagi hari tidak baik bagi kesehatan, islam sudah menyampaikan hal ini terlebih dahulu. Tidur pagi akan membuat anda menjadi mudah terkena berbagai macam penyakit dan membuat tubuh menjadi lemah, lemas serta lesu.

Demikianlah informasi tentang Dampak Buruk Tidur di Pagi Hari bagi Kesehatan. Semoga informasi diatas bermanfaat. Terimakasih.

0 comments:

Post a Comment

Terimakasih telah berkunjung ke situs kami, Silahkan tinggalkan komentar