Cara Alami dan Cepat Mengatasi Iritasi Mata

rina

Cara alami dan cepat mengatasi iritasi mata - Mata adalah salah satu bagian tubuh yang sangat penting perannya bagi tubuh dan bagi kehidupan setiap orang. Karena dengan mata, kita bisa melihat apa saja yang ada di depan kita, merupakan suatu anugrah yang besar ketika kita diberikan mata yang sehat dan bisa melihat normal.

Berbicara mengenai mata, memang perlu perawatan yang benar agar mata tidak mudah sakit dan juga tidak timbul mata panda atau kehitaman di sekitar mata. Mengenai kesehatan mata, biasanya banyak orang yang merasa cuek dengan hal ini. Apalagi ketika mata sedikit gatal karena terkena debu, biasanya orang langsung mengkuceknya, padahal sebenarnya hal ini dapat membuat mata anda sakit, iritas, bahkan bermasalah besar pada kesehatannya.

Ketika mata iritas, kita perlu cepat menangganinya agar tidak menjadi parah. Sebenarnya ada banyak yang menyebabkan mata iritas, yang biasa terjadi adalah karena sering mengucek mata atau sering berada di tempat yang banyak debunya. Untuk lebih lengkap, berikut ini beberapa penyebab iritasi mata:
Cara Alami dan Cepat Mengatasi Iritasi Mata
Cara Alami dan Cepat Mengatasi Iritasi Mata

Penyebab mata iritasi

1. Blepharitis

Ini merupakan infeksi pada kelopak mata dan terjadi karena bakteri pada kulit. Masalah ini menyebabkan peradangan pada folikel bulu mata.

2. Okuler rosacea

Kondisi dimana terjadi peradangan kulit, dan jika terjadi di kulit yang dekat dengan mata, maka bisa menyebabkan mata iritasi. Kelopak mata akan membengkak dan akan timbul rasa panas terbakar terus-menerus di mata.

3. Iritasi mata kering

Iritasi pada jenis ini bisa terjadi karena terjadi kekeringan pada kornea dan konjungtiva. kekurangan produksi air mata menyebabkan mata kering. Karena air mata berfungsi untuk melumasi dan memelihara mata. Jika produksi air matanya berkurang, maka dapat menyebabkan iritasi mata.

4. Keratitis

Iritasi ini mengacu pada berbagai infeksi atau peradangan pada kornea. Luka ini adalah luka terbuka di lapisan luar kornea. Jika mengalami hal ini, maka sesegera mungkin dilakukan pengobatan agar tidak terjadi kerusakan pada kornea.

5. Iritis

Penyebab lain selain 4 point di atas yaitu iritis. Peradangan pada iris, mata merah, sakit hati, debu, lensa kontak yang terinfeksi, mata lelah, atau penggunaan make up untuk daerah mata.

Gejala iritasi mata

Berbicara mengenai gejala iritasi mata, sebenarnya ada banyak gejala yang dialami dan itu merupakan tanda terjadinya iritasi mata. Berikut beberapa gejala iritasi mata:
  1. Mata terasa gatal terus-menerus,
  2. Terjadinya pembengkakan pada mata,
  3. Mata terus mengeluarkan air padahal tidak menangis,
  4. Pandangan terlihat kabur dan mata menjadi merah,
  5. Keluar cairan kuning atau hijau,
  6. Mata terasa sakit.

Cara mengobati iritasi mata

Setelah anda mengetahui beberapa penyebab dan gejala terjadinya iritasi mata, anda juga perlu mengetahui bagaimana cara mengatasinya. Dan yang perlu diingat, gunakan bahan alami agar lebih aman. Berikut ini beberapa cara alami dan cepat mengatasi iritasi mata:

1. Obat tetes mata

Untuk mengatasi masalah mata iritasi, salah satu cara yang terbaik adalah dengan menggunakan obat tetes mata. Obat ini sangat baik untuk mengobati mata anda bahkan jika mata anda terjadi iritasi. Namun anda perlu berhati-hati, jangan sampai anda memilih obat tetes mata sembarangan yang justru dapat memperburuk keluhan. Konsultasi terlebih dahulu kepada dokter sebelum memilih obat tetes mata.

2. Kompres dengan air dingin

Anda juga bisa melakukan sedikit kompresan atau mengkompres sekitar mata anda dengan air dingin. Cara ini dapat membantu mengobati sensasi terbakar pada mata untuk beberapa saat. Hal ini akan sangat membantu mengobati bengkak dan juga akan mengurangi rasa gatal. Sehingga iritasi pun bisa diatasi dengan baik.

3. Gunakan irisan mentimun

Seperti yang anda ketahui, bahwa telah banyak yang menggunakan irisan mentimun untuk perawatan mata atau kulit sekitar mata. Cara ini juga bisa digunakan untuk mengatasi mata yang iritasi. Anda cukup mengiris mentimuin lalu tutupkan pada mata anda. Tunggulah sambil istirahat dengan tiduran.

4. Irisan kentang

Selain irisan mentimun, anda juga bisa menggunakan irisan kentang untuk mengatasi masalah iritasi mata. Bukan hanya menghilangkan lingkaran gelap disekitar mata saja, tapi juga mengatasi iritasi mata. Anda cukup menempatkan irisan kentang di mata anda dan tunggu hasilnya beberapa saat.

5. Madu dan susu hangat

Untuk memanfaatkan bahan alami yang lainnya, anda bisa memanfaatkan madu dan susu hangat. Ketika mata anda terasa terbakar, bisa juga disebabkan karena adanya infeksi seperti konjungtivitis (peradangan selaput mata). Untuk mengobatinya, anda bisa mencampurkan madu dengan beberapa susu hangat. Lalu anda bisa menggunakannya sebagai media cuci mata.

6. Lidah buaya

Lidah buaya memang dikenal sebagai bahan alami untuk perawatan rambut. Namun selain itu, lidah buaya sebenarnya juga bisa digunakan sebagai obat mata. Anda cukup mencampurkan sedikit jus lidah buaya dengan air dingin dan dipakai untuk mencuci mata. Dengan cara ini, rasa panas pada mata anda akan berkurang, dan iritasi bisa terobati.


Demikianlah informasi tentang Cara Alami dan Cepat Mengatasi Iritasi Mata. Semoga informasi diatas bermanfaat. Terimakasih

0 comments:

Post a Comment

Terimakasih telah berkunjung ke situs kami, Silahkan tinggalkan komentar