5 Kebiasaan yang dapat Merusak Kesehatan dan Kecantikan Mata

rina

Kebiasaan yang dapat merusak kesehatan dan kecantikan mata - Mata adalah salah satu bagian tubuh yang memiliki peran penting dalam kehidupan. Tanpa adanya mata, manusia akan kebingungan menjalani hari-harinya karena tidak bisa melihat sesuatu.

Berbicara mengenai mata, memang fungsinya sangat penting. Oleh sebab itu penting juga bagi kita untuk menjaga kesehatan mata agar tidak terserang berbagai macam penyakit, mulai dari minus hingga kebutaan. Tahukah anda, ternyata banyak orang yang tidak sadar melakukan hal yang menjadi kebiasaan yang justru membahayakan kesehatan mata? Ya, kebiasaan yang mungkin sekilas terasa nyaman dan enak, namun di kemudian waktu dapat membahayakan kesehatan mata. Kebiasaan tersebut diantaranya yaitu mengucek mata, begadang, merokok, dan masih banyak lagi.

Kebiasaan melakukan hal buruk yang dapat merusak mata sangat perlu dihindari, meskipun dampaknya akan terasa dalam jangka yang panjang. Lantas, kebiasaan apa saja yang dapat merusak kesehatan dan kecantikan mata? Berikut ini beberapa kebiasaan yang dapat merusak kesehatan dan kecantikan mata:
5 Kebiasaan yang dapat Merusak Kesehatan dan Kecantikan Mata
5 Kebiasaan yang dapat Merusak Kesehatan dan Kecantikan Mata

1. Mengucek dan menggosok mata terlalu keras

Anda memiliki kebiasaan mengucek atau menggosok mata ketika mata terkena debu atau gatal? Kebiasaan tersebut justru dapat membahayakan kesehatan mata anda. Bukan hanya kesehatan saja, sekitar mata pun akan terlihat lebih hitam jika terlalu lama dan sering dikucek. Jika terlalu lama dan sering dikucek, pembuluh darah kecil pada bagian bawah mata bisa pecah, sehingga menyebabkanlingkaran gelap di bawah mata atau bengkak.

2. Kebiasaan begadang dan kurang tidur

Anda suka begadang bahkan setiap malam? Kebiasaan begadang ini justru buruk bagi kesehatan mata, sebenarnya tidak hanya mata saja, jika berlebihan tidak baik untuk tubuh. Jika begadang terus-menerus akan menyebabkan mata menjadi merah, pedih, dan kering, serta menimbulkan lingkaran hitam di bawah mata dan pandangan kabur.

3. Tidak mencukupi kebituhan air minum

Air minum adalah kebutuhan utama bagi setiap orang. Bagaimana jadinya jika orang tanpa minum? Mengkonsumsi air putih perlu diperhatikan takaran setiap harinya, yaitu kurang lebih 8 gelas. Jika kurang dari itu dan bahkan per hari hanya 3-4 gelas, maka bisa mengganggu kesehatan mata. Salah satu akibat yang terjadi yaitu air mata yang dihasilkan tidaklah cukup untuk menjaga mata tetap lembab dan mendapatkan gizi seimbang. Sehingga mata menjadi kering, bengkak, hingga merah.

4. Kebiasaan merokok

Mungkin yang diketahui banyak orang, kebiasaan merokok dapat menyebabkan berbagai macam penyakit dalam seperti paru-paru, kanker, jantung, dan lain sebagainya. Tapi tahukah anda ternyata merokok juga dapat merusak kesehatan mata? Kebiasaan merokok setiap hari yang berlebihan dapat memicu risiko tingginya terkena penyakit katarak, degenerasi makula, uveitis, mata kering, diabetes retinopati, sampai berisiko mengalami kebutaan.

5. Malas makan buah dan sayur

Buah dan sayur sangat penting untuk kita konsumsi setiap harinya. Jangan sampai anda malas mengkonsumsi buah dan sayur. Karena jika jarang mengkonsumsi buah dan sayuran, maka tubuh tidak akan ternutrisi dengan baik, termasuk mata. Oleh sebab itu, hindarilah makanan cepat saji dan pilihlah buah-buahan untuk dimakan dan masakan sendiri dari bahan sayuran.

Demikianlah informasi tentang 5 Kebiasaan yang dapat Merusak Kesehatan dan Kecantikan Mata. Selain 5 hal tersebut, terlalu lama menatap monitor, hp dan tv juga dapat menyebabkan mata rusak. Semoga informasi diatas bermanfaat. Terimakasih.

0 comments:

Post a Comment

Terimakasih telah berkunjung ke situs kami, Silahkan tinggalkan komentar