13 Makanan Sehari-hari Pemicu Kanker Yang Sering Dikonsumsi

Makanan sehari-hari pemicu kanker - Makanan pada zaman sekarang ini memang banyak macamnya, bahkan kita pun dibuat bingung harus memilih makanan yang seperti apa untuk dikonsumsi. Namun kebanyakan orang memilih makanan yang memiliki rasa enak meskipun kandungan gizinya rendah.

Berbicara mengenai makanan, memang sudah seharusnya kita berhati-hari memilih makanan yang akan kita konsumsi. Karena sekarang sudah banyak jenis dan macam makanan yang bukan hanya enak rasanya, tapi juga memiliki efek merusak kesehatan jika tidak aturan dalam mengkonsumsinya, salah satunya yaitu dapat memicu datangnya penyakit kronis seperti kanker. Tentu saja hal ini sangat merugikan diri sendiri apabila terserang penyakit kanker akibat mengkonsumsi makanan yang salah.

Lantas, makanan apa saja yang dapat menyebabkan kanker? Yaitu makanan yang mengandung banyak gula buatan, diolah dengan suhu tinggi, dan digoreng beberapa kali dengan minyak jelantah, setra makanan yang tidak matang secara sempurna. Seperti apa saja makanan yang dimaksudkan? Berikut ini beberapa makanan sehari-hari yang memicu kanker:
13 Makanan Sehari-hari Pemicu Kanker Yang Sering Dikonsumsi
13 Makanan Sehari-hari Pemicu Kanker Yang Sering Dikonsumsi

1. Aneka daging olahan

Aneka jenis daging olahan memang rasanya lezat dan membuat kita ketagihan saat memakannya. Namun tahukah anda kalau ternyata makanan daging olahan sebenarnya dapat memicu datangnya penyakit kanker? Hal ini karena daging olahan mengandung natrium nitrit yang dapat membentuk nitrosamin pada tubuh dan memicu sel-sel kanker menjadi ganas. Kandungan natrium nitrit digunakan untuk memberikan warna merah segar pada daging, sehingga terlihat memikat. Oleh sebab itu batasilah dalam mengkonsumsi daging olahan.

2. Makanan ringan kemasan

Berbagai jenis makanan ringan kemasan juga bisa menjadi pemicu datangnya penyakit kanker. Memang bukan hal yang mengejutkan lagi, karena di dalam makanan kemasan terdapat kandungan MSG atau penyedap makanan. Selain MSG, makanan tersebut juga mengandung bahan pengawet. Kekebalan tubuh setiap orang berbeda-beda dan kemudngkinan hanya dalam batas kecil saja. Jika terlalu banyak MSG di dalam tubuh maka kekebalan tubuh tidak akan kuat menahan dan menyebabkan kanker, terutama kanker otak.

3. Makanan kaleng

Bukan hanya makanan kemasan, tapi juga makanan kaleng yang tergolong berbahaya bagi tubuh. Makanan apapun yang terdapat dalam kaleng akan mengalami masa perubahan kandungan zat, sehingga ada baiknya agar anda mengurangi konsumsi makanan kaleng. Jika anda terpaksa mengkonsumsi makanan kaleng, maka perhatikan kemasan kalengnya jangan sampai memilih yang penyok. Karena dapat mencemari makanan yang ada di dalam kaleng tersebut.

4. Daging bakar

Salah satu makanan yang paling lezat adalah makanan yang dimasak dengan cara dibakar, salah saunya yaitu ayam bakar atau ikan bakar. Namun tahukah anda ternyata daging yang dibakar dapat menyebabkan penyakit terutama kanker usus dan lambung? Daging yang diolah dengan cara dibakar dan kurang masak sempurna, maka bisa munculnya zat-zat mutagenik yang dapat memberikan efek buruk bagi tubuh. Bagi ibu hamil juga tidak dianjurkan, karena dapat memudahkan bakteri masuk ke tubuh.

5. Alkohol

Telah kita ketahui kalau alkohol memang tidak boleh diminum. Salah satu alasannya yaitu dapat memicu penyakit kanker dalam tubuh. Bahkan alkohol merupakan pemicu kedua setelah tembakau. Sebuah studi di Amerika mengungkapkan bahwa dari 200 ribu wanita yang minum satu gelas alkohol per hari mengalami peningkatan hampir 30 persen kanker pa*udara dibandingkan mereka yang tidak minum sama sekali. Hindarilah mengkonsumsi minuman beralkohol.

6. Soda

Minuman bersoda memang sangat menggoda, benar. Namun anda harus tahu bahwa minuman bersoda ternyata dapat memicu datangnya penyakit kanker. Hal ini akan terjadi apabila dikonsumsi terus-menerus atau berlebihan. Minuman berwarna-warni cenderung mengandung banyak gula, bahan kimia makanan, dan pewarna. Zat-zat tersebut akan membantu mengasamkan tubuh dan menimbulkan pertumbuhan sel kanker. Hindarilah minuman bersoda dan berwarna-warni.

7. Popcorn dari microwave

Siapa yang tak kenal makanan olahan dari jagung ini? Sebenarnya jagung sangatlah bermanfaat. Namun pengolahan dari microwave dapat membuat jagung menjadi berbahaya bagi kesehatan. Microwave dilapisi bahan kimia yang berguna untuk memastikan makanan tetap segar ketika dimakan. Hasil penelitian memperlihatkan, bahan kimia itu dapat menyebabkan infertilitas, kanker hati, testis, dan pankreas. Dan bahan kimia di dalamnya juga dapat menyebabkan kerusakan paru-paru dan kanker.

8. Buah terpapar pestisida

Buah yang terpapah pestisida bisa memicu terjadinya kanker dalam tubuh. Hal ini akan sangat berbahaya jika dikonsumsi setiap orang, terutama bagi ibu hamil. Karena jika dikonsumsi ibu hamil bisa menebabkan bayi lahir dengan berat badan kurang. Selain itu, bahan kimia ditemukan pada apel, jeruk, stroberi, dan anggur. Sebanyak 90 persen dari buah-buahan ini ditemukan mengandung residu pestisida. Sayangnya, mencuci buah tidak selalu membantu menghilangkan residu ini. Maka, biasakan mencuci bersih buah terlebih dahulu sebelum dimakan.

9. Makanan asin, diasap, atau diasamkan

Berbagai jenis makanan yang diolah dengan cara diasin, diasap, atau diasamkan dapat memicu kanker. Karena menggunakan nitrat atau nitrit yang tentunya tidak baik untuk kesehatan. Misalnya seperti daging sosis, bologna, dan daging asap tinggi lemak dan garam. Sementara, makanan asam lainnya seperti acar juga mengandung garam yang tinggi yang tidak baik untuk kesehatan. Berdasarkan penelitian, makanan jenis ini dapat memicu kanker kolorektal dan kanker perut.

10. Pemanis buatan

Sudah kita ketahui bahwa pemanis buatan sangat berbahaya bagi kesehatan tubuh. Bahan yang digunakan untuk pembuatan pemanis buatan yaitu aspartame, dimana bahan tersebut pernah ditemukan menyebabkan kejang pada beberapa orang. Bahan kimia ini dipecah dalam tubuh menjadi racun mematikan yang dikenal sebagai DKP. Racun ini akan diproses dalam tubuh dan akan menghasilkan bahan kimia yang dapat menyebabkan beberapa masalah, terutama tumor otak. Kurangilah mengkonsumsi makanan yang mengandung pemanis buatan.

11. Kentang goreng

Kentang yang diolah secara digoreng memang enak. Namun anda harus tahu bahwa kentang goreng ternyata bisa membahayakan kesehatan tubuh. Jika dikonsumsi terlalu sering bahkan setiap hari, maka bisa membahayakan kesehatan tubuh si pengkonsumsi. Berdasarkan penelitian, mengkonsumsi kentang goreng terlalu sering akan memicu datangnya penyakit kanker dalam tubuh.

12. Tepung terigu

Bahan dasar makanan yang kaya akan karbohidrat yaitu tepung terigu. Jika anda ingin mengurangi resiko penyakit kanker pa*udara, maka kurangilah makanan yang terbuat dari tepung terigu. Kandungan karbohidrat yang ada di dalam tepung terigu dapat meningkatkan kadar gula darah pada tubuh, yang mana peningkatan kadar gula ini dapat memicu sel tumor dan kanker berkembang semakin pesat terutama kanker hati, kanker usus, dan kanker lambung. Maka hindarilah mulai dari sekarang.

13. Kedelai

Kedelai memang menyehatkan, apalagi jika diolah menjadi susu yang enak. Namun berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh American Cancer Society menyebutkan bahwa konsumsi kedelai berlebih ternyata menjadi penyebab kanker pa*udara. Hal ini karena adanya kandungan hormon estrogen phytochemical yang ada di dalam kedelai. Kandungan tersebut akan memicu kanker pa*udara pada wanita. 


Demikianlah informasi tentang Makanan Sehari-hari Pemicu Kanker. Semoga informasi diatas bermanfaat. Terimakasih.

0 comments:

Post a Comment

Terimakasih telah berkunjung ke situs kami, Silahkan tinggalkan komentar