Manfaat dan Bahaya Mengkonsumsi Kerang bagi Kesehatan

rina

Manfaat dan bahaya mengkonsumsi kerang bagi kesehatan - Kerang adalah salah satu jenis makanan laut yang bisa anda temukan di pasaran atau di pasar ikan (termasuk kerang hijau, kerang bambu, kerang dara, dsb) dan termasuk hidangan yang banyak dipesan direstoran.

Berbicara mengenai kerang, selain dikenal akan kelezatannya, para ahli Gizi juga menyatakan bahwa kerang merupakan salah satu jenis makanan yang memiliki kandungan nutrisi dan gizi yang tinggi. Bahkan di dalam kerang pun mengandung protein yang tinggi akan asam amino, yang mudah dicerna karena hanya sedikit jaringan ikat. Kerang juga mengandung asam lemak omega 3 rantai panjang yang baik bagi kesehatan jantung, walaupun dalam jumlah yang lebih rendah daripada ikan salmon, tuna, makerel, dll.

Kerang memang memiliki banyak manfaat yang baik untuk kesehatan tubuh. Meskipun demikian, kerang juga berbahaya bagi kesehatan jika salah dalam mengkonsumsinya atau berlebihan mengkonsumsinya. Berikut ini beberapa manfaat dna bahaya mengkonsumsi kerang bagi kesehatan:
Manfaat dan Bahaya Mengkonsumsi Kerang bagi Kesehatan
Manfaat dan Bahaya Mengkonsumsi Kerang bagi Kesehatan

Manfaat kerang bagi kesehatan

1. Mengandung vitamin dan mineral yang tinggi

Kerang memiliki kandungan 20 gram protein. Kandungan tersebut lebih banyak dari kerang tiram dan scallop. Meskipun ukuran proteinnya sama dengan daging ayam, namun kandungan vitamin dan mineralnya tergolong lebih tinggi.

2. Menyembuhkan luka

Mengkonsumsi kerang dengan takaran yang cukup juga dapat membantu menyembuhkan luka pada kulit anda. Kerang mengandung seng yang tinggi yang dapat menyembuhkan luka lebih cepat. Selain itu, kandungan seng di dalamnya dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh dalam perannya mengalahkan infeksi dan kuman penyebab bakteri.

3. Menurunkan berat badan

Mungkin banyak yang belum mengetahui bahwa kerang dapat membantu menurunkan berat badan. Oyster atau kerang tiram membantu anda yang ingin menurunkan berat badan. Kandungan kalori dalam kerang yaitu setengah dari daging ayam dengan porsi yang sama. Sangat cocok bagi anda yang sedang menjalankan program diet.

4. Menurunkan tekanan darah

Siapa sangka ternyata kerang dapat menurunkan tekanan darah dalam tubuh. Hal ini karena tingginya kandungan kalium dan magnesium pada kerang tiram dapat membantu menurunkan tekanan darah serta mengendurkan pembuluh darah, sehingga sirkulasi oksigen meningkat. Anda hanya perlu mengkonsumsinya secara rutin dengan disertai mengkonsumsi buah-buahan secara rutin.

5. Mencegah osteoporosis

Osteoporosis yang biasa terjadi pada orang yang sudah usia lanjut, sebenarnya juga bisa dicegah sejak dini, yaitu dengan rutin mengkonsumsi kerang dengan takaran yang pas. Hal ini karena adanya kandungan kalium dan protein yang baik untuk tulang. 

6. Baik untuk kesehatan jantung

Kesehtana jantung juga perlu dijaga dengan baik. Anda bisa menjaga kesehatan jantung dengan rutin mengkonsumsi kerang dengan takaran yang pas. Kerang memiliki beberapa kandungan penting yang dapat berperan aktif dalam menjaga kesehatan jantung. Sehingga jantung anda bisa lebih terhindar dari berbagai macam penyakit.

Resiko mengkonsumsi kerang bagi kesehatan

  • Mengkonsumsi kerang juga perlu berhati-hati dan perlu memperhatikan takarannya. Karena jika tidak aturan dalam mengkonsumsi kerang, maka akan menyebabkan menimbulkan banyak resiko kesehatan.
  • Para ahli juga memperingatkan bahwa kerang adalah hewan laut yang paling cepat menyerap polutan dari laut, termasuk bakteri seperti salmonella, dan virus seperti hepatitis A. Tiram mentah juga bisa mengandung bakteri yang disebut dengan Vibrio vulnificus, yang bisa menyebabkan penyakit serius,
  • terutama bagi orang dengan penyakit jantung, diabetes, gangguan pencernaan, dan sistem kekebalan tubuh.
  • Kerang juga mengandung polutan lain yang berbahaya bagi kesehatan tubuh, yaitu logam berat seperti merkuri, akan sangat berbahaya jika dikonsumsi terutama bagi ibu hamil. Namun, bagi ibu hamil bisa memilih alternatif lain untuk mendapatkan asupan omega 3, seperti kacang-kacangan, biji-bijian, dan ikan laut.

Tips aman mengkonsumsi kerang

  • Masaklah kerang hingga benar-benar matang, yaitu dengan cara direbus terlebih dahulu. Ini ditujukan untuk mematikan bakteri dan virus.
  • Belilah kerang di penjual yang dapat memberikan kepercayaan bahwa kerang yang dijual tersebut berasal dari perairan yang bebas dari polusi atau perairan yang aman.
  • Sebelum anda mengolah, bersihkan terlebih dahulu kerang yang sudah direbus, yaitu dengan menggunakan air mengalir hingga benar-benar bersih.
  • Hindari membeli kerang yang sudah berbau seperti bau logam atau bahan kimia, termasuk kerang yang sudah berlendir dan mengeluarkan aroma tak enak.
  • Ibu hamil sebaiknya tidak mengkonsumsi kerang, apalagi tidak tahu bagaimana cara mengolahnya. Seperti dikatakan sebelumnya, kerang paling cepat menyerap limbah atau polutan seperti merkuri yang membahayakan janin. Tanyakan kepada dokter tentang saran terbaik, jika Anda merasa tidak bisa menghindari makan kerang.
Demikianlah informasi tentang Manfaat dan Bahaya Mengkonsumsi Kerang bagi Kesehatan.  Semoga informasi diatas bermanfaat. Terimakasih.

0 comments:

Post a Comment

Terimakasih telah berkunjung ke situs kami, Silahkan tinggalkan komentar