11 Gejala Gagal Ginjal yang Wajib Anda Ketahui

rina

Gejala gagal ginjal yang wajib anda ketahui - Ginjal adalah salah satu bagian organ tubuh yang memiliki peranan sangat penting. Peran ginjal sendiri yaitu untuk menjaga keseimbangan tubuh dan menghindarkan tubuh kita dari penumpukan racun berbahaya.

Berbicara mengenai ginjal, sangat penting bagi kita untuk menjaga kesehatannya. Hal ini karena peranan ginjal yang sangat penting. Karena jika ginjal terserang penyakit dan berhenti menjalankan peranannya, maka kemungkinan besar orang akan meninggal. Untuk menjaga kesehatannya pun ada banyak cara yang bisa dilakukan, dan yang paling utama yaitu dengan menjaga pola hidup sehari-hari, makan teratur, olahraga teratur, dan istirahat teratur.

Untuk menjaga agar ginjal anda tetap sehat, anda juga perlu mengehatui dalam kondisi seperti apa saja ketika ginjal terserang penyakit atau gangguan kesehatan. Berikut ini beberapa gejala penyakit ginjal yang wajib anda ketahui:
11 Gejala Gagal Ginjal yang Wajib Anda Ketahui
11 Gejala Gagal Ginjal yang Wajib Anda Ketahui

1. Perubahan buang air kecil

Jika anda mengalami perubahan buang air kecil, kemungkinan itu tanda adanya masalah pada ginjal anda. Ginjal bekerja keras sepanjang hari untuk menghasilkan urin. Ketika ginjal tidak bekerja secara normal, maka akan terjadi perubahan atau tanda-tanda abnormal pada urin.

2. Sering kencing

Kencing lebih sering dari biasanya, dan ini terjadi pada waktu yang tidak sebentar dan sering terjadi pada malam hari. Mungkin saja ini merupakan indikasi awal bahwa seseorang bisa menderita gagal ginjal. Jika gejala ini terjadi pada diri anda, maka segeralah untuk periksa ke dokter terdekat.

3. Perubahan warna urin

Selain jangka waktu kencing yang terlalu cepat, biasanya juka akan mengalami perubahan warna urin apabila ginjal mengalami masalah kesehatan. Warna urin akan berubah menjadi kuning keruh atau kuning keckolatan. Penting juga untuk diperhatikan bahwa orang-orang yang banyak minum air putih sepanjang hari akan memiliki warna urin putih jernih atau agak kekuningan namun jernih.

4. Urin berbusa dan kencing berdarah

Selain warna kuning keruh, penderita gagal ginjal biasanya akan mengalami urin yang berbusa dan terdapat darah pada urinnya. Urin yang dikeluarkan saat buang air kecil akan tampak seperti berbusa dan tidak jarang akan keluar darah.

5. Kelelahan

Ginjal bekerja tidak hanya memproduksi urine, tetapi juga membuat erythropoietin, yang merupakan hormon yang diperlukan untuk membuat sel-sel darah merah. Ketika ginjal rusak, maka produksi erythropoietin akan menurun dan memicu terjadinya anemia. Namun bagaimanapun juga anemia ini bukan satu-satunya alasan mengapa orang-orang yang menderita penyakit ginjal dan gagal ginjal tampak begitu lelah atau lemas.

6. Mulut rasa logam

Ketika anda makan atau minum sesuatu dan merasakan seakan mulut dan lidah anda sedang mengunyah makanan yang mengandung logam, padahal tidak. Ya, mulut terasa mengunyah logam, tentunya tidak bisa mengkonsumsi makanan dan minuman favorit sepertiseperti daging, atau roti karena rasa busuk di mulut.

7. Nafas tidak lega

Anda pernah mengalami kesulitan bernafas? Jika iya, anda perlu tahu bahwa salah satu gejala penyakit ginjal adalah kesulitan dalam bernafas. Nafas tidak lega ini bisa diartikan sebagainafas pendek atau sesak nafas apabila ini terjadi ketika tidak sedang beraktifitas berat, maka ada kecurigaan bahwa itu gejala gagal ginjal. Hal ini karena kurangnya sel darah merah akibat menurunnya fungsi ginjal.

8. Gangguan memori

Gangguan memori juga bisa menjadi tanda bahwa seseorang mengalami masalah pada ginjalnya. Gangguan memori akibat gagal ginjal terjadi akibat kurangnya konsentrasi yang diikuti oleh pusing yang disebabkan oleh peningkatan kadar racun dalam darah karena kerusakan ginjal. Namun bukan berarti selalu sebagai tanda gagal ginjal, anda juga perlu melihat gejala lainnya yang bisa ditemui.

9. Nyeri pinggang

Biasanya nyeri pinggang ini terjadi pada usia tua. Namun jika terjadi pada usia remaja atau belum terlalu tua, maka perlu dicurigai. Namun bukan berarti pula orang yang nyeri pinggang diartikan sebagai gejala gagal ginjal. Ada juga gejala lainnya yang perlu dilihat. Hanya saja anda perlu periksa dokter apabila nyeri yang anda rasakan mecurigakan.

10. Kedinginan dan menggigil

Cuaca agak panas dan tidak ada hujan, suhu udara pun standar, namun kenapa masih merasakan kedinginan bahkan menggigil? Hal ini perlu diwaspadari karena merupakan salah satu gejala gagal ginjal yang terjadi akibat anemia atau kekurangan sel-sel darah merah. Konsumsilah makanan yang mengandung zat besi yang disarankan dokter, maka gejala ginjal akan lebih mudah teratasi..

11. Kulit gatal

Kulit terasa gatal dan tidak nyaman. Bahkan gatal yang dirasakan tersebut tidak kunjung hilang. Apalagi ginjal mudah menangkap partikel limbah dari darah, sehingga ketika ginjal tidak berfungsi dengan baik maka limbah tubuh akan keluar melalui darah dan menyebar ke kulit. Dengan demikian, maka terjadilah gejala gagal ginjal berupa kulit kering, bercak kulit gatal di seluruh tubuh yang sering muncul pada tungkai, punggung, kepala, dan dada.

Demikianlah informasi tentang 11 Gejala Gagal Ginjal yang Wajib Anda Ketahui. Jika anda merasakan gejala-gejala diatas, baiknya segera pergi ke dokter untuk memastikan ginjal anda. Semoga informasi diatas bermanfaat. Terimakasih.

0 comments:

Post a Comment

Terimakasih telah berkunjung ke situs kami, Silahkan tinggalkan komentar