11 Bahan Alami untuk Mengobati Rematik

rina

Bahan alami untuk mengobati rematik - Rematik atau rheumatoid arthritis adalah salah satu gangguan penyakit yang biasanya diawali dengan adanya beberapa keluhan, salah satunya yaitu keluhan pada bagian sendi, terutama pada pagi hari. Dan gejala yang paling terasa yaitu pada bagian pergelangan tangan, kaki, dan lutut.
Berbicara mengenai rematik, biasanya penyakit ini sering menimbulkan rasa nyeri pada bagian sendi atau pergelangan. Jika dibiarkan maka akan menyebabkan penyakit tersebut semakin parah. Bukan hanya rasa nyeri pada sendi saja, tak jarang juga disertai dengan adanya pembengkakan pada area tersebut. Oleh sebab itu perlu penangan secepat mungkin agar tidak semakin parah dan terjadi pembengkakan.
Memang banyak orang yang menyepelekan penyakit rematik ini, sehingga tak mau tahu bagaimana cara mencegah dan mengobatinya. Lalu, bagaimana cara mengobati rematik apabila sudah terlanjur menyerang tubuh? Berikut ini beberapa bahan alami untuk mengobati rematik:
11 Bahan Alami untuk Mengobati Rematik
11 Bahan Alami untuk Mengobati Rematik

1. Jahe

Jahe telah dikenal sebagai salah satu rempah-rempah yang memiliki banyak khasiat dan manfaat. Salah satunya yaitu dapat mengobati rematik. Selain membuat tubuh anda terasa hangat, jahe akan meredakan rematik secara perlahan dan efektif. Anda dapat membuat salad, saus maupun sup dengan menambahkan jahe ke dalamnya. Setelah mengonsumsinya rasa nyeri pada bagian sendi anda tentu akan semakin mereda dan membaik.

Baca juga : Manfaat jahe untuk kesehatan dan kecantikan

2. Lengkuas

Selain jahe, lengkuas juga termasuk rempah-rempah yang baik untuk kesehatan tubuh. Telah dipercaya bahwa lengkuas mampu meredakan rematik secara efektif. Anda bisa membuat obat tradisional dari lengkuas dengan cara, ambil beberapa potong jari rimpang lengkuas segar, cuci bersih lalu parut. Peras airnya dengan kain, lalu gosokan pada bagian tubuh yang sakit seperti menggunakan minyak urut. Sedangkan ampas lengkuasnya bisa digunakan sebagai obat gosok. Lakukan secara rutin hingga rematik sembuh.

Baca juga : Manfaat lengkuas untuk kesehatan dan kecantikan

3. Akar sembung

Pernah memanfaatkan akar sembung sebagai obat tradisional? Akar sembung ini dipercaya efektif mengobati rematik sendi. Anda cukup mengambil 30 gram akar sembung dan 60 gram daun gandarusa, kemudian dicuci hingga bersih dan dipotong-potong seperlunya. Rebus dengan 3 gelas air hingga tersisa 1 gelas. Setelah dingin, airnya disaring lalu diminum 2 kali sehari, per minuman takarannya sebanyak 1/2 gelas.

Baca juga : Manfaat daun sembung untuk kesehatan

4. Daun dewa

Daun dewa  merupakan salah satu tanaman herbal yang memiliki khasiat dan manfaat yang banyak, salah satunya yaitu dapat mengobati penyakit rematik. Untuk membuat obat tradisional dari daun dewa, anda cukup menyiapkan 30 lembar daun dewa segar, cuci hingga bersih, kemudian direbus dan dilumatkan. Airnya diperas lalu diminum sekaligus.

5. Daun pandan wangi

Anda juga bisa memanfaatkan daun pandan sebagai bahan alami untuk mengatasi masalah rematik. Daun pandan memiliki banyak kandungan yang baik untuk kesehatan tubuh. Untuk mengobati rematik, anda bisa membuat ramuannya dengan cara ambil 3 lembar daun pandan segar, cuci bersih dan iris tipis-tipis. Seduh daun pandan wangi dengan 1/2 cangkir minyak kelapa yang sudah dipanaskan. Gunakan minyak tersebut untuk menggosok bagian tubuh yang sakit. Lakukan secara rutin.

6. Daun landep

Pernah dengar dan lihat daun landep? Daun ini bisa anda manfaatkan untuk mengobati rematik. Anda cukup mengambil segenggam daun landep yang masih segar. Lalu dicuci bersih dan haluskan dengan cara digiling atau ditumbuk. Tambahkan air kapur sirih secukupnya sambil diaduk merata sampai menjadi seperti bubur kental. Kemudian Balurkan ke bagian tubuh yang sakit.

Baca juga : Manfaat daun pandan

7. Lendir lidah buaya

Lidah buaya tidak hanya baik untuk kesehatan rambut saja, tapi juga baik untuk mengatasi masalah rematik. Memang belum banyak yang tahu bahwa lidah buaya bisa dimanfaatkan sebagai obat tradisional untuk menyembuhkan rematik. Sebenarnya lidah buaya memiliki kandungan yang dapat mencegah inflamasi serta meredakan rasa sakit. Bukan hanya itu, lidah buaya juga bermanfaat untuk dapat meningkatkan sistem imun tubuh serta menambah energi.

Baca juga : Manfaat lidah buaya untuk kesehatan dan kecantikan

8. Daun dandelion

Daun dendelion ini juga bisa anda manfaatkan untuk mengatasi rematik. Daun ini memiliki kandungan vitamin A dan C yang dapat membantu memperbaiki kerusakan di bagian dalam tubuh dan mengeluarkan racun yang terdapat dalam darah. Anda bisa memanfaatkannya cukup dengan mengukus daun dandelion dan kemudian kunyahlah daun dandelion lunak satu ini sebagai yang meredakan nyeri sendi.

9. Daun kumis kucing

Selain daun dandelion, anda juga bisa memanfaatkan daun kumis kucing untuk menyembuhkan rematik. Anda cukup menghaluskan beberapa lembar daun kumis kucing, lalu ambil kira-kira 1 sendok teh. Haluskan juga beberapa lembar daun meniran, ambil 1 sendok makan. Keduanya direbus dalam 1 gelas air hingga tersisa 3/4 gelas. Setelah dingin, airnya disaring lalu diminum sekaligus. Lakukanlah secara rutin.

Baca juga : Manfaat daun kumis kucing untuk kesehatan

10. Daun seledri

Seledri bukan hanya sebagai campuran bahan masakan saja, tapi juga bermanfaat dalam mengobati rematik. Untuk memanfaatkan daun seledri, anda cukup menyiapkan 1 tangkai seledri dicuci, dilalap mentah setiap kali makan. Namun jika anda tidak suka makan secara mentah, anda bisa menjadikannya sebagai campuran telur, atau masakan lainnya.

11. Brotowali

Tanaman brotowali memang sudah dikenal sejak dulu akan manfaatnya, memang rasanya pahit, bahkan lebih pahit dari pare. Namun tanaman ini sangat baik sebagai obat tradisional, salah satunya mengobati rematik. Anda cukup mengambil 10 cm batang brotowali lalu dicuci bersih dan dipotong-potong 3 cm. Rebus dengan 3 gelas air sampai airnya tinggal setengah. Saring airnya, setelah dingin diminum. Minumlah secara rutin yaitu 3 kali sehari.

Baca juga : Manfaat dan efek samping brotowali untuk kesehatan

Demikianlah informasi tentang 11 Bahan Alami untuk Mengobati Rematik. Semoga informasi diatas bermanfaat. Terimakasih.

0 comments:

Post a Comment

Terimakasih telah berkunjung ke situs kami, Silahkan tinggalkan komentar