14 Manfaat Kolang-Kaling untuk Kesehatan dan Kecantikan

rina

Manfaat kolang kaling untuk kesehatan dan kecantikan - Kolang kaling memang tidak asing lagi dikalangan masyarakat. Biasanya kolang kaling ramai dicari ketika masuk bulan puasa, selain dibuat sate kolang kaling juga bisa dibuat es kulang kaling. Tentu saja rasanya nikmat.

Berbicara mengenai kolang kaling, banyak orang yang cuek dengan manfaat yang ada di dalamnya, sehingga banyak yang kurang tahu apa saja manfaat dari kolang kaling, baik itu bagi kesehatan maupun kecantikan. Sebenarnya kolang kaling lebih dikenal sebagai bahan campuran pembuatan kolak, atau bahan utama sate kolang kaling, atau juga bahan campuran es campur. Namun perlu diketahui juga bahwa kolang kaling memiliki manfaat baik bagi kesehatan dan kecantikan.

Mungkin banyak yang belum tahu mengenai manfaat yang bisa kita ambil dari kolang kaling, sehingga banyak juga yang menyepelekan untuk mengkonsumsi buah yang satu ini. Untuk menambah pengetahuan dan membuat kita lebih bersemangat untuk memanfaatkan kolang kaling, berikut ini beberapa manfaat kolang kaling untuk kesehatan dan kecantikan:
14 Manfaat Kolang-Kaling untuk Kesehatan dan Kecantikan
14 Manfaat Kolang-Kaling untuk Kesehatan dan Kecantikan

1. Menambah stamina

Bagi anda yang memiliki jadwal aktivitas padat setiap harinya, tentu sangat membutuhkan stamina yang kuat. Untuk meningkatkan stamina dalam tubuh, anda bisa memanfaatkan kolang kaling, Buah ini mampu mencegah kelelahan ekstrim saat anda melkukan aktivitas, terutama saat naik turun tangga atau gunung. Anda hanya perlu mengkonsumsi kolang kaling secara teratur.

2. Mempercepat penyembuhan luka

Memang terkadang luka pada kulit kita sulit untuk disembuhkan. Anda bisa mempercepat penyembuhan luka pada fisik anda dengan memanfaatkan kolang kaling. Jangan takut bertambah lukanya, justri kandungan kalsium dalam kolang kaling mampu menyembuhkan luka yang ada pada fisik anda.

3. Mencegah radang sendi

Selain mengobati luka pada kulit anda, kolang kaling juga dapat mencegah terjadinya radang sendi. Kandungan galaktomanan pada daging buahnya akan bekerja efektif dalam pencegahan radang sendi. Anda bisa menjadikan kolang kaling sebagai cemilan utama tanpa pewarna dan tanpa tambahan gula. Hal ini ditujukan agar kandungan di dalamnya tetap terjaga dan tidak memperparah ganguan kesehatan.

4. Mengatasi nyeri lutut

Yang namanya nyeri memang terasa tidak nyaman, termasuk pada bagian lutut. Seseorang akan mengalami peningkatan terkena nyeri lutut apabila bekerja terlalu keras. Anda bisa mengatasinya dengan memanfaatkan kolang kaling. Konsumsilah buah kolang kaling secara rutin untuk mengatasi dan menyembuhkannya.

5. Mengatasi asam urat

Asam urat merupakan salah satu gangguang kesehatan yang ramai dibicarakan dikalangan masyarakat. Asam urat timbul karena tumpukan zat purin yang mengendap dalam persendian Anda. Sehingga mengalami kesulitan dalam menggerakkan anggota persendian tertentu. Pada orang yang mengalami asam urat, zat purin akan mengendap dan membangkitkan asam urat. Anda bisa mengkonsumsi kolang kaling untuk mengatasi hal tersebut.

6. Mendukung pertumbuhan

Pertumbuhan terkait dengan bertambah panjangnya tulang. Pertumbuhan yang sempurna akan menjadikan postur seseorang cenderung tinggi dan proporsional. Anda dapat menambah asupan dalam tubuh anda berupa kolang kaling agar kandungan kalsium di dalamnya bekerja dan membantu pertumbuhan tulang. Hal ini sangat disarankan pada usia anak-anak yang masih dalam tahap pertumbuhan.

7. Mengobati sakit pinggang

Jika anda mengalami sakit pinggang, anda juga bisa memanfaatkan kolang kaling sebagai obat alami. Anda cukup mengkonsumsi daging buahnya untuk membantu mencegah dan mengobati sakit pinggang. Konsumsilah kolang kaling secara rutin minimal 100 gram setiap hari, resiko untuk terkena sakit pinggang akan berkurang secara drastis.

8. Menjaga kekuatan tulang

Kesehatan tulang juga sangat perlu dijaga agar tetap kuat saat menjalan berbagai macam aktivitas fisik. Jika dibiarkan tanpa perawatan tentu akan mudah kropos. Untuk mencegah keropos dan membuat tulang menjadi kuat, anda bisa memanfaatkan kolang kaling. Kandungan kalsiumnya yang melimpah di dalamnya dapat membantu menjaga kesehatan dan kekuatan tulang.

9. Pendukung pembentukan badan atletis

Kolang kaling sangat cocok bagi anda yang ingin memiliki bentuk tubuh atau badan yang atletis. Ya, Kolang kaling memiliki kandungan kalsium dan kandungan pendukung lainnya yang dapat membantu mempercepat pembentukan badan atletis. Sangat cocok untuk cemilan fitness anda. Mengkonsumsi kolang kaling secara rutin akan menguatkan tulang dan membentuk badan atletis.

10. Membantu diet

Anda sedang menjalankan program diet? Kolang kaling dapat membantu memperlancar diet anda dan mempercepat penurunan berat badan serta pembentukan tubuh anda. Kandungan karbohidratnya mudah diserap tubuh sehingga tidak menumpuk menjadi lemak. Anda bisa mengkonsumsinya sebagai cemilan diet anda.

11. Menyehatkan kulit

Kulit memang sangat butuh perawatan. Selain agar terlihat cantik juga agar kulit tetap sehat. Anda bisa memanfaatkan kolang kaling untuk perawatan kulit. Vitamin B dalam kolang kaling menjaga kesehatan kulit kini dan nanti sehingga kecantikan Anda tidak akan pudar oleh masa.

12. Menjaga keremajan kulit

Selain menyehatkan kulit dan mempercantik kulit, kulit anda juga akan diremajakan dengan mengkonsumsi kolang kaling. Pasalnya, di dalam buah ini terkandung senyawa gelatin yang dapat anda rasakan manfaatnya pada kulit, kuku, dan rambut Anda. Lakukan perawatan secara rutin, baik itu dari luar maupun dalam dengan memanfaatkan kolang kaling.

13. Memperlancar metabolisme

Metabolisme yang lancar akan membantu menjaga kesehatan tubuh anda. Bukan hanya itu, lancarnya metabolisme tubuh juga berkaitan dengan kecantikan kulit anda. Karena kalau metabolisme tidak lancar akan menyebabkan penumpukan racun dan membuat kulit menjadi kusam. Konsumsi kolang kaling secara rutin akan melancarkan metabolisme dan meningkatkan kecantiakan secara tidak langsung.

14. Mengatasi gatal

Kulit yang terasa gatal-gatal akan menggangu aktivitas harian anda. Segera atasi dan obati dengan obat yang cocok. Anda bisa memanfaatkan bahan alami seperti kolang kaling. Dengan mengkonsumsi kolang kaling secara rutin maka rasa gatal dan peradangan kulit dapat teratasi dan menghilang secara perlahan.

Demikianlah informasi tentang 14 Manfaat Kolang-Kaling untuk Kesehatan dan Kecantikan. Semoga informasi diatas bermanfaat. Terimakasih.

0 comments:

Post a Comment

Terimakasih telah berkunjung ke situs kami, Silahkan tinggalkan komentar