Cara Alami Mengatasi Noda Hitam pada Kulit Wajah

rina

Cara alami mengatasi noda hitam pada kulit wajah - Setiap orang pasti menginginkan dan mengidam-idamkan wajah yang bersih, cerah, putih, dan terbebas dari noda atau flek hitam. Oleh karena itu banyak orang yang melakukan berbagai cara agar bisa mendapatkan kulit wajah yang diinginkan tersebut.

Berbicara mengenai kulit wajah, memang banyak masalah yang akan kita hadapi ketika kita ingin melakukan perawatan kecantikan, mulai dari jerawat, komedo, flek atau noda hitam, kerutan, dan masih banyak lagi. Biasanya ganguan masalah kulit wajah tersebut disebabkan oleh kurangnya perhatian kita terhadap kulit wajah, dan bisa juga karena salah menggunakan produk. Itu sebabnya kita perlu perawatan yang baik dan benar.

Salah satu masalah kulit wajah yang banyak diperbincangkan yaitu masalah noda hitam atau flek hitam. Ya, karena masalah ini sering dialami oleh kebanyak orang, sehingga perlu melakukan tindakan untuk mengatasinya. Namun sebelum itu, anda juga perlu tahu penyebab adanya noda hitam.
Cara Alami Mengatasi Noda Hitam pada Kulit Wajah
Cara Alami Mengatasi Noda Hitam pada Kulit Wajah

Penyebab noda hitam pada kulit wajah

  • Faktor keturunan
  • Paparan langsung sinar matahari secara terus-menerus
  • Bekas jerawat
  • Manopause
  • Kurang vitamin
  • Efek samping obat-obatan
  • Stress
  • Hormon tidak seimbang
  • Penggunaan kosmetik berbahan zat kimia (Merkuri dan asam salisilat)

Cara mengatasi noda hitam pada kulit wajah

Setelah mengetahui beberapa penyebab noda hitap pada kulit wajah, lalu lakukanlah cara untuk mengatasinya. Bagaimana cara mengatasinya? Berikut ini beberapa cara alami untuk mengatasi noda hitam pada kulit wajah:

1. Pepaya

Pepaya memiliki banyak kandungan alami yang baik untuk kulit wajah. Pepaya dapat membantu meringankan kulit serta mengobati flek hitam pada wajah. Anda cukup mengambil satu potongan sedang buah pepaya dan ambil ekstrak jusnya. Kemudian oleskan pada seluruh kulit wajah anda yang berbintik hitam atau terdapat noda hitam. Tunggu 10 menit lalu bilas dengan air bersih.

2. Tomat

Anda juga bisa memanfaatkan tomat sebagai masker kulit wajah anda. Menggunakan masker tomat dan minyak zaitun dapat mengatasi flek hitam pada wajah, selain itu juga dapat mencegah penyumbatan pori-pori. Anda cukup menghaluskan satu buah lemon dan campurkan dengan satu sendok lemon dan satu sendok minyak zaitun. Lalu oleskan campuran tersebut pada kulit wajah anda merata.

3. Lemon

Lemon adalah salah satu buah yang baik untuk kesehatan juga kecantikan. Kandungan vitamin C di dalamnya baik untuk kesehatan kulit. Selain itu, kandungan asam sitrat di dalamnya dapat membantu pertumbuhan sel-sel baru dan mencerah kulit. Selain itu ampuh mengatasi bintik-bintik penuaan, bekas jerawat, kulit kerupt dan terutama flek hitam di wajah. Anda cukup menyediakan minimal satu buah jeruk sitrun, peras dan oleskan ke wajah. Biarkan sampai kering dan bilas dengan air bersih.

4. Kentang

Salah satu jenis sayuran yang juga baik untuk kulit adalah kentang. Anda bisa memanfaatkan kentang dengan cara  memarut 3 buah kentang. Lalu peras dengan tambah sedikit air pada parutan tersebut. Kemudian saring air perasan, tambahkan madu dan beberapa tetes jeruk nipis. Lalu oleskan pada kulit wajah anda merata. Tunggu kurang lebih 20 menit dan bilas dengan air bersih. Lakukan 2 kali sehari selama 2 minggu.

5. Beras

Anda juga bisa memanfaatkan beras untuk menghilangkan noda hitam pada kulit wajah anda. Cukup ambil satu genggam beras dan rendam dalam air selama semalaman. Lalu tumbuk beras hingga halus dan tambah sedikit air. Oleskan pada kulit wajah anda secara merata, tunggu 20-25 menit dan kemudian bilas dengan air bersih.

6. Alpukat

Alpukat memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh dan kecantikan kulit. Alpukat juga memiliki kandungan yang dapat membantu menghilangkan noda hitam pada kulit wajah. Anda cukup menghaluskan daging buah alpukat dengan blender. Lalu gunakan sebagai masker wajah selama 30 menit. Kemudian bilas dengan air bersih.

7. Masker kayu manis dan yogurt

Kau manis dan yogurt telah dipercaya akan manfaatnya bagi kesehatan dan kecantikan. Kombinasi kedua bahan ini baik untuk kulit wajah dan menghilangkan flek hitam. Sifat anti bakteri dan anti inflamasi di dalamnya telah dipercaya dapat membantu mengobati jerawat dan flek hitam di wajah. Siapkan sesendok bubuk kayu manis dan tambahkan yogurt, lalu terapkan pada wajah merata.

8. Masker lemon dan baking soda

Anda cukup siapkan baking soda secukupnya dan tambahkan secangkir jus lemon. Campurkan semua bahan yang telah disiapkan, lalu oleskan pada kulit wajah anda secara merata. Setelah beberapa waktu hingga kering, lalu bilas dengan air bersih. Anda bisa menggunakan masker ini minimal dua minggu sekali untuk hasil yang optimal.

9. Bengkoang dan mentimun

Bengkoang dan mentimun merupakan buah yang jika dikombinasikan dapat membantu mengatasi noda hitam pada kulit wajah. Anda cukup menyediakan dua bahan tersebut lalu haluskan dengan blender. Setelah halus lalu oleskan pada kulit wajah secara merata. Anda bisa melakukan cara ini minimal 1 kli sehari.

10. Kosmetik pemutih

Anda juga bisa mencoba kosmetik pemutih yang cocok dan aman untuk kulit wajah anda. Selain menghilangkan flek di wajah, kosmetik ini juga mampu membuat kulit menjadi lebih terang, putih dan memberantas jerawat di wajah. Berhati-hatilah, jangan gunakan produk kosmetik yang tidak cocok pada kulit anda atau yang mengandung mercury.

11. Pembersih wajah

Anda juga perlu menggunakan pembersih wajah secara rutin. Tapi ingat, pembersih yang cocok dengan kulit wajah anda. Gunakan pembersih yang aman dan dapat menghilangkan flek hitam pada kulit wajah. Jangan gunakan terus menerus, karena berbahan kima tidak baik untuk kulit wajah dalam jangka panjang. Produk pembersih wajah tidak baik dalam jangka panjang karena ada yang mengandung merkuri, asam silasilat dan zat kimia lainnya.

Demikianlah informasi tentang Cara Alami Mengatasi Noda Hitam pada Kulit Wajah. Semoga informasi diatas bermanfaat. Terimakasih.

0 comments:

Post a Comment

Terimakasih telah berkunjung ke situs kami, Silahkan tinggalkan komentar