13 Pantangan bagi Penderita Penyakit Ginjal

rina

Pantangan bagi penderita penyakit ginjal - Seperti yang kebanyakan orang ketahui, apapun yang menurut kita menyenangkan, baik itu berupa makanan atau minuman enak atau apapun yang menurut kita menyenangkan, terkadang tidak boleh kita konsumsi atau kita lakukan, hal ini karena apa yang menyenangkan tersebut merupakan pantangan penyakit yang kita derita.

Berbicara mengenai pantangan bagi penderita penyakit, ada salah satu penyakit yang jarang dihiraukan pantangannya, yaitu penyakit ginjal. Penyakit ini sebenarnya sangat berbahaya jika dibiarkan begitu saja, apalagi kita mengkonsumsi makanan atau melakukan sesuatu yang menjadi pantangannya, tentu saja akan memperparah penyakit ginjal yang diderita.

Mungkin banyak orang yang belum mengetahui apa saja pantangan dari setiap penyakit yang diderita seseorang termasuk diri kita sendiri. Bagi anda yang memiliki riwayat penyakit ginjal, berikut ini beberapa pantangan bagi penderita penyakit ginjal:
13 Pantangan bagi Penderita Penyakit Ginjal
13 Pantangan bagi Penderita Penyakit Ginjal

1. Telur

Telur memang memiliki kandungan protein yang tinggi yang baik untuk kesehatan. Namun bagi penderita penyakit ginjal, telur sangat dianjurkan untuk tidak dikonsumsi karena kandungan proteinnya yang tinggi yang sulit disaring oleh ginjal. Sehingga bisa menjadi racun bagi si penderita penyakit ginjal.

2. Daging

Daging memang kaya akan kandungan protein hewaninya yang sama halnya dengan telur sulit untuk disaring oleh tubuh yang menderita penyakit ginjal. Yang disarankan adalah memakan daging ikan saja yang mengandung omega-3. Jika mengkonsumsi daging seperti kambing, sapi, dan lain sebagainya, maka bisa berbahaya bagi kesehatan ginjal.

3. Gorengan

Gorengan merupakan makanan yang patut untuk dihindari, khususnya bagi orang yang menderita penyakit ginjal. Seperti yang kita ketahui, minyak yang berlebih pada gorengan dapat menyebabkan terjadinya keracunan asam dalam tubuh karena ginjal akan menolak untuk mencerna. Untuk lebih aman, konsumsilah makanan yang direbus, namun perhatikan juga kadar mineral ang terserap.

4. Makanan yang diawetkan

Segala jenis makanan yang diawetkan sangatlah tidak baik jika dikonsumsi berlebihan dalam jangka panjang. Berbagai jenis makanan yang diawetkan seperti sosis, sarden cornet, dan lain-lain banyak mengandung sodium juga potasium. Pengawet tersebut akan mengganggu kesehatan dan bahkan memperparah penyakit ginjal yang sedang diderita.

5. Garam

Akan terasa kurang nikmat jika masakan tanpa campuran garam. Namun ketahuilah, bahwa orang yang menderita penyakit ginjal tidak diperbolehkan mengkonsumsi garam dalam takaran yang lebih. Selain karena tidak dapat dicerna oleh ginjal, makanan yang asin akan memicu tekanan darah tinggi yang dapat memperparah ginjal. Wajib bagi para penderita ginjal untuk mengontrol tekanan darah.

6. Kacang-kacangan

Berbagai jenis kacang-kacangan memang baik untuk kesehatan. Namun bagi penderita penyakit ginjal, mengkonsumsi kacang-kacangan adalah suatu hal yang perlu dihindari. Hal ini karena kacang-kacangan mengandung fosfor yang sangat tinggi. Kandungan tersebut dapat memperpadah penyakit ginjal jika dikonsumsi berlebihan.

7. Keju

Keju juga tidak baik untuk kesehatan jika dikonsumsi berlebihan, terutama bagi penderita ginjal sangat perlu dihindari. Hal ini karena keju mengandung kalium juga fosfor dan kaya akan potasium. Bagi penderita penyakit ginjal, kalium memang harus dihindari. Sedangkan makanan yang mengandung banyak fosfor akan menumpuk dalam aliran darah dan menyedot kalsium dalam tubuh.

8. Cokelat

Cokelat adalah salah satu makanan yang berkesan dan menyenangkan jika dikonsumsi. Namun bagi penderita ginjal, makanan berbahan cokelat perlu dihindari. Cokelah kaya akan fosfor dan potasium yang dapat menyebabkan gagal jantung karena tidak dapat dikeluarkan oleh ginjal. Selain itu, kandungan tersebut juga dapat melemahkan denyut jantung, denyut jantung tidak stabil, hingga kematian mendadak akibat serangan jantung.

9. Kentang

Kentang mengandung karbohidrat tinggi yang harus dihindari karena mengandung protein dan kalori yang besar. Mengkonsumsi kentang dapat menimbulkan rasa haus dan membuat ingin meminum banyak air agar makanan dapat dicerna dengan baik. Sayangnya mineral yang boleh dikonsumsi seorang penderita penyakit ginjal sangat dibatasi. Oleh sebab itu hindarilah makanan kentang.

10. Gandum

Berbagai jenis makanan olahan berbahan gandum juga perlu dihindari bagi penderita penyakit ginjal. Makanan olahan gandum seperti roti ataupun sereal mengandung karbohidrat yang tentunya tidak cocok untuk penderita penyakit ginjal karena tidak mudah dan tidak dapat cepat dicerna oleh tubuh. 

11. Nasi

Mungkin ketika melihat poin ini akan kaget, karena nasi adalah makanan pokok orang indonesia. Namun anda perlu tahu bahwa nasi mengandung karbohidrat yang tinggi. Kandungan tersebut tidak cocok dikonsumsi bagi penderita ginjal. Nasi mengandung gula dan akan membuat rasa haus timbul saat mengkonsumsinya.

12. Buah-buahan

Siapa sih yang tidak suka buah-buahan. Tidak diragukan lagi bahwa buah-buahan sangatlah bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Namun bagi penderita penyakit ginjal, kandungan mineral yang banyak dalam buah tidak boleh dikonsumsi oleh penderita penyakit ginjal. Buah – buahan juga sebagian banyak mengandung potasium. Di antaranya semangka, jeruk, alpukat, pepaya, dan pisang. Terlebih seperti pisang mengandung banyak kalium.

13. Sayuran

Selain buah-buahan, sayuran juga tidak boleh dikonsumsi oleh penderita penyakit ginjal. Sayuran yang mengandung banyak mineral dan nutrisi juga tidak boleh banyak – banyak dikonsumsi oleh penderita penyakit ginjal. Mineral yang dikonsumsi terlalu banyak tidak mudah dicerna oleh ginjal yang sudah rusak dan akan menumpuk di paru-paru sehingga dapat menyebabkan kematian mendadak.

Demikianlah informasi tentang 13 Pantangan bagi Penderita Penyakit Ginjal. Jika anda penderita ginjal, baiknya anda hindari makanan-makanan diatas. Semoga informasi diatas bermanfaat. Terimakasih.

0 comments:

Post a Comment

Terimakasih telah berkunjung ke situs kami, Silahkan tinggalkan komentar