8 Makanan dan Minuman yang Dapat Merusak Ginjal

rina

Makanan dan minuman yang dapat merusak ginjal - Ginjal adalah salah satu organ tubuh manusia yang memiliki peran sangat penting. Bahkan jika kesehatan ginjal terganggu, maka fungsi bagian tubuh lainnya akan ikut terganggu. Hal ini karena organ ginjal berfungsi sebagai penyaring zat-zat mana yang masih berguna dan juga mengeluarkan zat yang sudah tidak dibutuhkan lagi.

Berbicara mengenai ginjal, organ yang satu ini sangat perlu diperhatikan kesehatannya. Karena ginjal juga bisa mengalami kerusakan. Jika ginjal mengalami gangguan kesehatan dan dibiarkan begitu saja tanpa ada penanganan, maka bisa menyebabkan berbagai macam penyakit ginjal, bahkan bisa berujung sampai kematian.

Rusaknya ginjal memang tidak lepas dari kebiasaan diri sendiri dalam menerapkan pola hidup, khususnya pola makan. Jika mengkonsumsi makanan dan minuman sembarangan maka bisa menyebabkan kerusakan pada ginjal. Untuk lebih berhati-hati, berikut ini beberapa makanan dan minuman yang dapat merusak ginjal:
8 Makanan dan Minuman yang Dapat Merusak Ginjal
8 Makanan dan Minuman yang Dapat Merusak Ginjal

1. Garam

Mengkonsumsi garam terlalu banyak akan membuat ginjal merespon dengan menahan air untuk mencairkan elektrolit dalam aliran darah untuk mempertahankan kesehatan jantung. Tentu saja hal ini membuat ginjal terlalu berat menanggung beban. Selain itu, mengkonsumsi garam berlebihan juga dapat meningkatkan tekanan darah, yang dapat merusak nefron ginjal atau pnyaring kotoran.

2. Pemanis buatan

Segala jenis makanan atau minuman yang mengandung pemanis buatan tidak baik untuk kesehatan. Bahkan efek parahnya dapat menyebabkan kerusakan pada ginjal. Mengkonsumsi makanan atau minuman mengandung pemanis buatan terlalu berlebihan akan menyebabkan kesehatan ginjal terganggu hingga gagal ginjal. Pilihlah pemanis alami yaitu madu.

3. Kafein

Kafein banyak ditemukan di dalam minuman seperti kopi, teh, dan soda. Kafein adalah stimulan yang bisa merangsang aliran darah, meningkatkan tekanan darah serta stres pada ginjal. Anda cukup menghindari makanan atau minuman yang mengandung kafein agar kesehatan ginjal bisa terjaga dengan baik.

4. Minuman berkarbonasi serta energy drinks

Minuman berkarbonasi (soda, minuman energi, serta jus kemasan) bakal meningkatkan risiko batu ginjal, bahkan hingga sampai gagal ginjal. Hindarilah berbagai jenis makanan atau minuman yang berkarbinasi energi drinks. Sebaiknya, mengkonsumsi air putih dengan lemon organik agar kesehatan ginjal terjaga.

5. Daging merah

Mengkonsumsi daging merah memang sangat nikmat. Namun tahukah anda bagi penderita penyakit ginjal dapat membuat penyakitnya menjadi lebih parah apabila mengkonsumsi daging merah berlebihan. Bukan hanya penderita saja, orang sehat pun memiliki resiko batu ginjal jika mengkonsumsi daging merah berlebihan. Konsumsilah makanan seperti buah dan sayur.

6. Makanan olahan

Berbagai jenis makanan olahan dapat menyebabkan kesehatan ginjal terganggu. sangat banyak jenis makanan olahan atau siap saji, seperti sarden, sosis, dan lain sebagainya. Dalam makanan olahan, umumnya banyak sekali bahan sintetis yang sangat berbahaya bagi kesehatan, khususnya bagi organ ginjal maupun hati. Oleh sebab itu, hindarilah makanan olahan sebisa mungkin.

7. Obat-obatan tertentu

Mengkonsumsi jenis obat-obatan tertentu juga tidak baik untuk kesehatan ginjal. Obat apa saja yang dapat menyebabkan penyakit ginjal? Obat-obatan yang dimaksudkan seperti obat pereda nyeri maupun obat penghilang rasa sakit mampu mengurangi aliran darah ke organ ginjal. Bahkan ada juga yang dapat menyebabkan penyakit ginjal kronis.

8. Susu

Siapa yang tidak suka susu? Hampir setiap orang suka dengan susu. Namun jika berlebihan mengkonsumsinya, susu dapat menyebabkan berbagai macam gangguan kesehatan, salah satunya yaitu ginjal. Mengkonsumsi susu berlebihan akan membuat kesehatan ginjal terancam. Maka kurangilah susu sebisa mungkin.

Demikianlah informasi tentang 8 Makanan dan Minuman yang Dapat Merusak Ginjal. Semoga informasi diatas bermanfaat. Terimakasih.

0 comments:

Post a Comment

Terimakasih telah berkunjung ke situs kami, Silahkan tinggalkan komentar