10 Gejala Kolesterol Tinggi yang Wajib Anda Ketahui

Gejala kolesterol tinggi yang wajib anda ketahui - Pada tubuh seseorang, kolesterol tersebar ke berbagai bagian tubuh, yaitu pada saraf, otak, kulit, serta jantung. Jika dibiarkan, maka kemungkinan besar akan terjadi hal buruk yang menimpa kesehatan tubuh. Oleh sebab itu sangat penting bagi setiap orang untuk mengetahui apa saja tanda gejala tingginya kolesterol.

Berbicara mengenai kolesterol, memang tidak semua kolesterol merugikan, ada juga kolesterol baik yang bermanfaat bagi tubuh. Namun hal ini perlu diperhatikan, tidak boleh sembarang memilih makanan yang berkolesterol, karena jika salah, maka akan berakibat buruk pada kesehatan tubuh. Memang pada dasarnya setiap orang memiliki kadar kolesterol antara 160-200 mg. Jika melebihi 240 sudah termasuk ke fase berbahaya, bahkan dapat mengakibatkan stroke.

Sangat penting bagi kita untuk tahu apa saja gejala tingginya kolesterol. Karena selain sebagai pengetahuian bagi kita, juga bisa sebagai langkah bagi kita untuk melakukan pencegahan dan pengobatan lebih cepat. Berikut ini beberapa gejala kolesterol tinggi yang wajib anda ketahui:
10 Gejala Kolesterol Tinggi yang Wajib Anda Ketahui
10 Gejala Kolesterol Tinggi yang Wajib Anda Ketahui

1. Sulit bernafas

Bagi anda yang memiliki masalah kolesterol tinggi, biasanya akan merasakan susah bernafas. Pernafasan akan berjalan tidak lancar dan tidak nyaman. Hal ini karena adanya kolesterol yang menumpuk pada aliran arteri tubuh. Jantung sudah tidak bisa memompa darah dengan baik akibatnya tubuh mengalami kekurangan oksigen. Bahkan orang yang sudah mengalami stroke bisa mengalami sesak nafas yang lebih parah. Hal ini biasanya terjadi pada orang yang sekaligus mengalami obesitas.

2. Sakit kaki dan tangan

Anda pernah merasakan sakit kaki dan tangan? Jika pernah, mungkin saja itu adalah salah satu gejala tingginya kadar kolesterol dalam tubuh anda. Biasanya rasa sakit itu akan muncul ketika digunakan untuk mengangkat benda dan sulit untuk digerakkan. Pada orang tua juga sering merasa panas dan kesemutan pada kaki dan tangan sehingga mempengaruhi fungsinya. Hal ini menandakan bahwa aliran darah pada kaki dan tangan terhambat.

3. Otot kaki lemah

Hipertensi memang dapat membuat segala otot menjadi lemah, terutama otot bagian kaki. Hal ini dikarenakan arteri tidak mendapatkan aliran darah yang cukup sehingga otot kaki menjadi sangat lemah. Bahkan kondisinya bisa menyebabkan jatuh pada penderita hipertensi dan stroke. Oleh sebab itu segeralah konsultasi dokter apabila anda mengalami gejala otot kaki lemah.

4. Kehilangan keseimbangan

Pernah merasakan kehilangan keseimbangan secara tiba-tiba? Ketika kolesterol tinggi, otot kaki dan tangan sudah sangat lemah, sementara arteri dalam tubuh tidak mendapatkan aliran darah yang cukup. Ketika ada sistem syaraf pusat yang mengalami gangguan akibat plak kolesterol pada arteri maka bisa membuat penderita tidak memiliki keseimbangan. Kondisi ini sering terjadi pada orang yang sudah lanjut usia, namun tidak menutup kemungkinan terjadi pada remaja.

5. Wajah merah

Wajah memerah juga bisa menjadi salah satu gejala tingginya kolesterol. Tingginya kolesterol pada penderita hipertensi dapat menyebabkan pembuluh darah dibagian wajah membesar. Kondisi ini akan membuat wajah menjadi merah seperti terbakar. Bahkan ketika tekanan darah naik, wajah akan terasa panas dan tidak nyaman. Jika dibiarkan akan menjadi lebih buruk lagi.

6. Sering semutan

Selain otot kaki lemah seperti yang dijelaskan di atas, seseorang yang menderita kolesterol tinggi juga akan mengalami semutan lebih sering dari biasanya. Kaki sering kesemutan saat duduk bersila atau saat tangan menyangah kepala. Hal ini disebabkan karena peredaran darah dalam alteri tidak lancar. Segeralah periksakan ke dokter terdekat.

7. Emosi tidak stabil

Anda pernah merasakan emosi anda tidak stabil karena suatu hal atau bahkan tanpa hal yang anda sadari? Hal ini bisa disebabkan karena tingginya kolesterol dalam tubuh anda. Mereka akan mudah marah bahkan hanya karena masalah yang kecil. Hal ini karena adanya gangguan aliran darah sehingga membuat tubuh tidak nyaman. Sehingga sering sakit kepala, merasa cemas dan khawatir, bahkan hingga penderita tidak bisa mengendalikan emosi.

8. Sakit kepala

Seperti yang telah dijelaskan di atas bahwa seseorang yang memiliki riwayat kolesterol tinggi dapat mengalami sakit kepala, bahkan sampai tidak tertahankan. Hal ini disebabkan karena aliran darah yang terlalu kencang melewati arteri bisa menyebabkan sumbatan plak bocor atau pecah. Jika terjadi di bagian otak maka bisa menyebabkan kerusakan pembuluh darah. Segeralah persiksakan ke dokter jika terjadi sakit kepala yang tidak wajar.

9. Nyeri leher dan punggung

Nyeri leher dan pung juag merupakan gejala tingginya kolesterol. Hal ini karena tekanan darah yang tinggi yang juga muncul bersamaan. Tingginya tekanan darah akan menyebabkan terjadinya penyempitan pembuluh darah karena adanya plak dari kolesterol. Hal ini akan menyebabkan rasa tidak nyaman pada leher. Leher akan terasa kaku dan sangat sakit.

10. Nyeri dada

Memang nyeri pada dada merupakan gejala dari berbagai macam penyakit, seperti paru-paru, jantung, juga bisa karena kadar kolesterol yang tinggi pada tubuh. Tingginya kolesterol akan menyebabkan penumpukkan lemak di dalam arteri. Hal ini akan menyebabkan aliran darah menuju jantung menjadi terhambat. Jika dibiarkan begitu saja, maka bisa menyebabkan munculnya penyakit jantung bahkan lebih parah.

Demikianlah informasi tentang 10 Gejala Kolesterol Tinggi yang Wajib Anda Ketahui. Semoga informasi diatas bermanfaat. Terimakasih.

0 comments:

Post a Comment

Terimakasih telah berkunjung ke situs kami, Silahkan tinggalkan komentar