Daftar Makanan yang Haram Dikonsumsi Penderita Tekanan Darah Tinggi

Makanan yang haram dikonsumsi penderita tekanan darah tinggi - Setiap orang pasti ingin makan makanan yang enak dan mengenyangkan, entah itu makanan sehat atau tidak sehat itu urusan belakangan, yang penting enak dan kenyang. Itulah sebagian besar orang, termasuk orang yang memiliki riwayat penyakit atau gangguan kesehatan, seperti tekanan darah tinggi.

Berbicara mengenai tekanan darah tinggi, memang tidak semua makanan boleh dikonsumsi oleh penderita hipertensi atau tekanan darah tinggi. Hal ini karena selain memperparah hipertensi juga dapat memicu munculnya penyakit lain yang lebih berbahaya. Oleh sebab itu sangat perlu bagi penderita hipertensi untuk menjaga pola makannya dan memperhatikan makanan apa saja yang boleh maupun yang tidak boleh dikonsumsi.

Ada beberapa jenis makanan yang memang tidak diperbolehkan dikonsumsi oleh penderita hipertensi. Namun apabila hanya sekedar mencicip tidak menjadi masalah, yang masalah adalah mengkonsumsinya berlebihan. Berikut ini daftar makanan yang haram dikonsumsi bagi penderita hipertensi:
Daftar Makanan yang Haram Dikonsumsi Penderita Tekanan Darah Tinggi
Daftar Makanan yang Haram Dikonsumsi Penderita Tekanan Darah Tinggi

1. Makanan berkolesterol

Makanan yang mengandung kolesterol tinggi tidaklah baik untuk dikonsumsi, apalagi mengkonsumsinya berlebihan, kemungkinan besar akan memicu munculnya penyakit. Bagi penderita tekanan darah tinggi, hindarilah makanan berkolesterol, terutama kolesterol jenis low density lipoprotein (LDL) disebut juga kolesterol jahat yang dapat menyebabkan penyumbatan arteri. Hal ini akan berpengaruh pada kesehatan tubuh, terutama penderita hipertensi.

2. Protein yang tinggi lemak

Makanan berprotein memang penting untuk dikonsumsi, tapi jika protein yang tinggi akan lemak perlu anda hindari, apalagi jika anda memiliki riwayat hipertensi, makanan tersebut akan memperparah hipertensi, bahkan dapat memicu penyakit lain yang berbahaya. Hindarilah makanan seperti seperti daging merah, seafood, daging kulit ayam, daging babi dan kuning telur.

3. Makanan dengan kadar garam tinggi

Makanan yang tinggi kandungan garamnya sangatlah tidka baik jika dikonsumsi, apalagi berlebihan. Jika dikonsumsi secara berlebihan akan menyebabkan hipertensi menjadi lebih parah. Makanan ini berupa daging yang diawetkan dengan cara diasap, pengasinan atau dengan penambahan bahan pengawet kimia masuk dalam kategori daging olahan, termasuk ham, sosis, hot dog dan dendeng.

4. Makanan tinggi gula

Selain makanan yang tinggi kandungan garamnya, makanan yang dilarang bagi penderita hipertensi yaitu makanan tinggi kadar gulanya. Makanan yang kadar gulanya tinggi dapat menyebabkan parahnya hipertensi, bahkan dapat menyebabkan berbagai macam penyakit lain yang lebih berbahaya. Maka hindarilah makanan tinggi gula.

5. Makanan berkafein

Makanan atau minuman yang mengandung kafein memang baik untuk dikonsumsi. Akan tetapi bagi penderita tekanan darah tinggi perlu diperhatikan takarannya. Hal ini karena makanan berkafein jika dikonsumsi berlebihan bagi penderita hipertensi akan memperparah penyakit tersebut. Sebisa mungkin penderita hipertensi menghindari makanan atau minuman berkafein.

6. Karbohidrat sederhana

Makanan yang mengandung karbohidrat sederhana juga mengandung kadar gula tinggi yang dapat menyebabkan insulin dalam darah meningkat, sehingga tekanan darah juga akan ikut meningkat. Maka dari itu hindarilah segala jenis makanan yang mengandung karbohidrat sederhana seperti kentang, nasi dan roti putih.

7. Makanan kalengan

Makanan kalengan memang sangat menyenangkan, karena dengan makanan kalengan, kita tidak lagi repot mengolahnya. Akan tetapi, makanan kalengan sebenarnya tidak baik jika dikonsumsi berlebihan. Hal ini terutama bagi orang yang memiliki riwayat tekanan darah tinggi. Makanan kalengan biasanya banyak mengandunga sodium yang jika dikonsumsi berlebihan tidak baik untuk kesehatan. Perbanyaklah mengkonsumsi sayuran.

8. Makanan atau minuman beralkohol

Sudah tidak diragukan lagi bahwa makanan atau minuman beralkohol tidak baik untuk dikonsumsi. Hal ini karnea apapun yang mengandung alkohol jika dikonsumsi dapat menyebabkan tekanan darah meningkat secara drastis. Bukan hanya itu, alkohol juga akan merusak dinding pembuluh darah kemudian menyebabkan komplikasi yang sangat serius. Hindarilah makanan atau minuman beralkohol.


Demikianlah informasi tentang Daftar Makanan yang Haram Dikonsumsi Penderita Tekanan Darah Tinggi. Semoga informasi diatas bermanfaat. Terimakasih.

0 comments:

Post a Comment

Terimakasih telah berkunjung ke situs kami, Silahkan tinggalkan komentar