12 Dampak Buruk Stres Bagi Kesehatan

Dampak buruk stres bagi kesehatan - Anda pernah mengalami stres? Ya, setiap orang pasti pernah mengalami stres. Baik itu karena permasalahan rumah tangga, masalah dalam pekerjaan, masalah dengan teman, atau masalah lainnya. Ketika masalah itu datang dan anda merasa pikiran anda tidak mampu menampung semua masalah tersebut, maka saat itu stres menyerang anda.

Berbicara mengenai stres, sebenarnya ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi yang namanya stres, yang pada intinya adalah dengan membuat pikiran anda menjadi lebih tenang dan hati anda menjadi lebih senang. Yaitu dengan melakukan berbagai hal yang anda sukai, seperti travelling, melakukan hobi anda, mendengarkan musik kesukaan yang membangkitkan semangat, dan lain sebagainya.

Stres akan menimbulkan dampak buruk bagi siapapun yang jika mengalaminya selalu diam tanpa ada tidakan untuk mengatasinya. Lantas, apa saja dampak yang akan dirasakan akibat stres? Berikut ini beberapa dampak buruk stres bagi kesehatan:
12 Dampak Buruk Stres Bagi Kesehatan
12 Dampak Buruk Stres Bagi Kesehatan

1. Panik dan suasana hati berubah

Jika anda sering merasakan stres, maka yang akan anda alami akibat dari stres itu adalah perasaan panik dan suasana hati menjadi kacau. Seseorang yang mengalami stres akan mengalami perubahan suasana hati yang kemudian juga memengaruhi orang di sekitar. Lakukanlah latihan meditasi untuk mengatasinya.

2. Masalah dalam pengambilan keputusan

Apakah anda sering mengalami masalah kebingungan dan kesulitan dalam mengambil suatu keputusan? Dan itu tidak terjadi hanya sekali saja, tapi berkali-kali. Hal ini karena mental anda terganggu. Mengapa bisa? Karena sebelumnya anda pernah mengalami stres berlebihan dan menyebabkan konsentrasi dan mental anda menjadi down.

3. Keringat berlebihan

Stres juga bisa menyebabkan tubuh anda mengeluarkan keringan secara berlebihan. Bukan hanya keluar keringat saja, tapi juga akan memengaruhi denyut jantung. Saat stres, jantung akan lebih cepat berdetak dan tangan serta kaki akan terasa mati rasa. Jika anda merasakan hal itu, segeralah untuk memeriksakan ke dokter terdekat.

4. Mudah marah dan hilang kepercayaan

Anda pernah melihat atau bahkan mengalami sendiri ketika stres suka marah-marah bahkan marah tidak jelas? Ya, hal ini karena stres yang berlebihan dapat membuat seseorang marah tanpa alasan, bahkan hingga frustasi. Bukan hanya itu saja, orang tersebut akan kehilangan rasa percaya diri dimanapun dan kapanpun.

5. Kelelahan

Rasa lelah memang wajar muncul apabila kita melakukan aktivitas harian, apalagi aktivitas yang berat di lapangan kerja. Namun berbeda dengan orang yang stres, mereka akan mengalami kelelahan yang lebih daripada orang pada umumnya. Hal ini bisa dilihat dari wajahnya. Orang tersebut akan mengalami pusing dan sakit kepala.

6. Sakit kepala mendadak

Seperti yang telah disinggung penjelasannya di atas, bahwa sres dapat menyebabkan sakit kepala bahkan terjadi secara tiba-tiba. Stres dapat menyebabkan berbagai jenis sakit kepala ringan hingga migrain. Hal ini terutama terjadi karena bahan kimia seperti adrenalin (epinefrin) dan kortisol tubuh anda rilis saat stres. Plus, kondisi tersebut juga membuat otot Anda tegang. Maka hindarilah stres.

7. Rambut rusak dan rontok

Berdasarkan studi yang telah dilakukan di American Journal of Pathology 2003 mengatakan bahwa stres negatif dapat mempengaruhi aktivitas dari folikel rambut, yang akhirnya dapat menyebabkan kerontokan pada rambut. Sehingga rambut akan mudah rontok dan bahkan hingga mengalami kerusakan yang parah. Bukan hanya pada wanita, tapi juga terjadi pada pria jika mengalami stres berlebihan.

8. Daya tahan tubuh melemah

Daya tahan tubuh anda akan semakin melemah apabil anda membiarkan diri anda mengalami stres berlebihan dan terus menerus. Selama stres, hormone kortisol dalam tubuh akan meningkat, hal ini dapat mengubah respon sistem kekebalan tubuh. Bahkan mengurangi produksi prostaglandin 'baik' yang mendukung fungsi kekebalan tubuh. Sehingga kekebalan tubuh menjadi melemah dan mudah terserang penyakit.

9. Mempercepat penuaan kulit

Penuaan dini juga bisa terjadi akaibat stres berlebihan. Ya, stres yang berlebihan akan membuat kulit anda perlahan menjadi tua, berkeriput, mengkerut, kendur, dan hal itu terjadi lebih cepat dari umumnya. Oleh sebab itu anda harus menghindari stres berlebihan jika ingin memiliki kulit cantik dan kencang.

10. Mengganggu siklus tidur

Stres juga membuat anda susah tidur. Bukan hanya susah, waktu tidur anda juga terganggu dan tidak konsisten setiap harinya. Kualitas tidur anda pun menjadi tidak baik karena stres bisa menyebabkan anda bangun tengah malam dan bahkan susah tidur kembali. Stres diketahui menyebabkan hyperarousal, yang mengganggu keseimbangan antara tidur dan terjaga.

11. Pemicu serangan asma

Asma memang penyakit yang tidak boleh dibiarkan begitu saja. Jika kambuh maka dapat membuat penderitanya mengalami kefatalan. Asma yang dialami seseorang bisa diperparah akibat stres berlebihan, oleh sebab itu jangan sampai mengalami sres berlebihan, apalagi bagi anda yang memiliki riwayat penyakit asma.

12. Mengganggu kesehatan jantung

Seperti yang telah dijelaskan di atas, bahwa stres berlebihan dapat menyebabkan kesehatan jantung menjadi terganggu. Stres berlebihan, terlalu lama, dan tidak terkendalikan dapat menyebabkan penyakit jantung, tekanan darah meningkat tinggi, nyeri dada tidak karuan atau bahkan detak jantung tidak teratur.

Demikianlah informasi tentang 12 Dampak Buruk Stres Bagi Kesehatan. Semoga informasi diatas bermanfaat. Terimakasih.

0 comments:

Post a Comment

Terimakasih telah berkunjung ke situs kami, Silahkan tinggalkan komentar