Sejuta Manfaat Cengkeh Untuk Kesehatan Dan Efek Sampingnya

citra indah

Sejuta Manfaat Cengkeh Untuk Kesehatan Dan Efek Sampingnya - Cengkeh merupakan tanaman apotik hidup yang banyak memiliki khasiatnya. Sudah menjadi rahasia umum jika cengkeh bisa mengatasi berbagai macam penyakit, tanaman ini banyak dibudidayakan di Indonesia, karena cengkeh juga merupakan rempah-rempah wajib dalam berbagai masakan khas nusantara. Pada kesempatan kali ini kami akan membahas artikel mengenai sejuta manfaat cengkeh untuk kesehatan dan efek sampingnya. Agar pembahasannya tidak panjang dan lebar langsung saja anda simak beberapa keterangan dari kami, semoga bisa bermanfaat dan menambah wawasan anda. Berikut Sejuta manfaat cengkeh untuk kesehatan dan efek sampingnya.
Sejuta Manfaat Cengkeh Untuk Kesehatan Dan Efek Sampingnya
Sejuta Manfaat Cengkeh Untuk Kesehatan Dan Efek Sampingnya

A. Manfaat untuk kesehatan

1. Untuk mengobati sakit gigi

Minyak cengkeh sudah dikenal sejak dahulu kala bisa mengobati sakit gigi. Caranya sangat mudah sekali, yaitu dengan menempatkan atau mengoleskan minyak cengkeh tersebut pada lubang gigi yang sakit. Kandungan zat pada cengkeh diyakini memiliki sifat antibiotik yang bisa berkhasiat ampuh dalam membunuh bakteri yang bersarang pada gigi.

Baca juga : Cara alami dan ampuh mengobati sakit gigi

2. Mencegah inflamasi (radang)

Minyak cengkeh mengandung flavanoid yang memiliki sifat anti inflamasi dan bisa bermanfaat bagi pasien rematik. Cengkeh juga bisa digunakan sebagai ekspektoran untuk mencegah peradangan serta memperbaiki saluran pernapasan.

3. Anti bakteri dan anti jamur

Cengkeh sangat efektif dalam melawan berbagai macam bakteri, terutama yang bersarang pada perut serta bakteri yang bersarang pada mulut, Kandungan eugenol pada cengkeh memiliki sifat anti jamur serta efektif untuk mengatasi penyakit kulit seperti yang disebabkan oleh cacing cincin.

4. Meningkatkan kekebalan tubuh

Banyak orang yang meyakini jika cengkeh bisa meningkatkan kekebalan tubuh anda dan bisa membantu anda dalam melawan berbagai macam penyakit tingkat reguler sampai penyakit yang mematikan .

5. Menangani infeksi pernapasan

Cengkeh juga bisa berkhasiat mengencerkan lendir yang terdapat pada kerongkongan serta tenggorokan. Hal ini bisa membantu proses penyembuhan karena infeksi pernapasan. Teh yang mengandung cengkeh juga bisa membantu penyembuhan serta pencegahan infeksi saluran pernapasan.

6. Membersihkan kuman

Cengkeh mengandung eugenol atau antiseptik yang bisa berfungsi sebagai pembersih kuman. Caranya yaitu dengan merebus sekitar 20 lembar daun cengkeh, selanjutnya air rebusan cengkeh tersebut anda campurkan ke dalam bak mandi dengan takaran 1 : 4 ketika mandi. Buat mandi air tersebut sambil anda menggosok-gosok tubuh anda hingga bersih.

7. Menyegarkan mulut

Mulut yang tidak sedap bisa diatasi dengan batang biji cengkeh, kandungan eugenol yang kaya bisa berkhasiat untuk membantu agar mulut nampak segar serta tidak beraroma bau tidak sedap. Selain itu kandungan eugenol juga bisa berkhasiat dalam mengobati sakit sariawan ataupun bibir pecah-pecah. Caranya yaitu dengan cara dihisap seperti menghisap permen.

Baca juga : Penyebab dan cara mengatasi bau mulut

8. Pengusir nyamuk

Banyak dari kita yang belum mengetaui jika cengkeh juga bisa berfungsi sebagai obat pengusir nyamuk. Maka dari itu sangat baik digunakan pada tempat-tempat penyebab munculnya bibit-bibit malaria, demam berdarah dan penyakit lainnya yang ditimbulkan oleh nyamuk.

9. Obat sakit kepala

Cara penggunaan cengkeh sebagai obat sakit kepala yaitu dengan menyiapkan 5 butir cengkeh, 5 biji pala, 5 gram kayu manis, serta 5 butir merica yang telah dihaluskan hingga menjadi bubuk, kemudian seduh dengan 100 cc air panas, lalu diminum selagi hangat.

10. Mengatasi mual dan muntah

Cengkeh memiliki berbagai kandungan yang sangat baik untuk menjaga kesehatan tubuh, diantara manfaat cengkeh yaitu bisa mengatasi mual dan muntah, selain itu minyak cengkeh juga bisa berkhasiat dalam mengatasi keluhan mual dan muntah ini.

11. Mengatasi pilek

Jika anda terserang pilek, anda bisa mencobanya dengan pengobatan menggunakan cengkeh, caranya yaitu dengan mencampurkan minyak cengkeh bersama dengan madu kemudian diminum, ramuan tersebut bisa memberikan efek hangat, selain itu mengoleskan minyak cengkeh pada hidung juga bisa meringankan pilek.

12. Menjaga tubuh tetap hangat

Cengkeh merupakan tanaman herbal yang kaya akan khasiatnya, baik dikunyah secara langsung ataupun dengan mengoleskannya pada tubuh yang dingin karena cengkeh bisa memberikan efek yang hangat pada tubuh.

13. Mengatasi sinusitis

Ada beberapa peneliti yang mengaitkan antara manfaat cengkeh dengan masalah sinusitis. Cara pengobatannya untuk mengatasi sinusitis yaitu dengan memanfaatkam bubuk cengkeh kemudian meletakkannya pada bagian dalam hidung.

14. Melawan kanker

Banyak dari para peneliti yang telah membuktikan jika kandungan zat yang terdapat dalam cengkeh ternyata bisa efektif dalam melawan kanker, terutama kanker kulit, selain itu cengkeh juga bisa meringankan sakit paru-paru dan bisa melancarkan saluran pernapasan.

15. Mengatasi jerawat

Minyak cengkeh dipercaya sangat ampuh dalam mengobati jerawat, caranya sangat mudah sekali, yaitu cukup dengan mengoleskan minyak cengkeh pada wajah yang terkena jerawat. Cengkeh memiliki sifat anti mikroba yang bisa membunuh baketeri penyebab timbulnya jerawat.

16. Membersihkan noda jerawat

Kandungan eugenol yang terdapat pada cengkeh memiliki sifat anti septik yang bisa melembabkan kulit secara alami, selain itu juga bisa membantu proses pencegahan jerawat. Caranya yaitu dengan mengoleskan air rebusan cengkeh pada lapisan wajah yang berjerawat.

17. Kondisioner

Minyak cengkeh bisa dijadikan kondisioner yang bisa memperbaiki berbagai masalah yang berhubungan dengan rambut, seperti menghitamkan rambut, mengatasi rambut kering, dan lain sebagainya.

18. Mencegah rambut rontok

Minyak cengkeh bisa berkhasiat membantu mencegah rambut rontok yang menyebabkan kebotakan, caranya yaitu dengan mengoleskan minyak cengkeh pada kepala, kemudian biarkan selama sekitar 15 menit lalu bilas dengan air bersih.

B. Efek samping cengkeh

1. Anak-anak, pada anak-anak cengkeh tidak aman untuk dikonsumsi, hal ini karena bisa menyebabkan efek samping yang parah yaitu kejang-kejang pada anak, ketidakseimbangan cairan sampai kerusakan pada hati.

2. Kehamilan dan menyusui, cengkeh aman jika dikonsumsi dalam jumlah sedikit seperti pada bumbu dan kue-kue,namun wanita yang hamil dan menyusui sangat tidak disarankan mengkonsumsi cengkeh untuk pengobatan yang mana biasanya dosisnya tinggi.

3. Gangguan pendarahan, kandungan fitokimia dalam minyak cengkeh memiliki efek samping bisa memperlambat pembekuan darah, ada yang memiliki kekhawatiran jika mengkonsumsi minyak cengkeh bisa menyebabkan gangguan pendarahan.

4. Bedah, cengkeh tampaknya bisa mengganggu pembekuan darah, sehingga menimbulkan kekhawatiran yang bisa menyebabkan pendarahan selama masa operasi. Sebaiknya berhenti menggunakan cengkeh selama 2 minggu sebelum menjalankan operasi.

Demikianlah informasi tentang Sejuta Manfaat Cengkeh Untuk Kesehatan Dan Efek Sampingnya. Semoga informasi diatas bermanfaat. Terimakasih.