Manfaat dan Cara Membuat Masker Pepaya

Manfaat dan cara membuat masker pepaya - Pepaya memiliki kandungan enzim papain, vitamin A, C, E, K, dan vitamin B kompleks, seperti folat, niacin, pyridoxine, dan riboflavin. Kandungan tersebut sangat baik untuk kesehatan dan kecantikan tubuh. Anda bisa memanfaatkan buah pepaya dengan mengolahnya sesuka hati.

Bukan hanya baik untuk kesehatan, pepaya juga sangat baik untuk kecantikan kulit. Anda bisa melakukan perawatan dengan memanfaatkan pepaya. Selain enak saat dikonsumsi juga memberikan manfaat baik yang melmpah. Cukup olahlah pepaya menjadi masker lalu oleskan pada kulit wajah anda secara merata, maka kulit wajah akan tampak lebih sehat, cerah, halus, lembab, bebas dari jerawat, dan pastinya terlihat lebih cantik.

Untuk membuat masker pepaya sangatlah mudah, namun sebelum membuatnya, anda perlu tahu manfaat dari masker pepaya. Sebab manfaat masker pepaya sangatlah banyak. Berikut ini beberapa manfaat dari masker pepaya:

Manfaat dan Cara Membuat Masker Pepaya
Manfaat dan Cara Membuat Masker Pepaya

1. Sebagai pembersih

Anda bisa memanfaatkan masker pepaya ini untuk membersihkan kulit wajah anda. Sifat antibakteri pada pepaya ini mampu membunuh bakteri pada kulit wajah secara menyeluruh. Sel-sel kulit mati pada kulit anda akan dengan mudah dihilangkan oleh masker pepaya ini. Lakukan perawatan menggunakan masker pepaya secara rutin agar mendapatkan hasil maksimal wajah bersih sempurna.

2. Sebagai pemutih wajah

Anda ingin memiliki kulit wajah yang putih, berseri, dan bersinar? Tidak perlu menggunakan produk yang banyak bahan kimiannya bahkan berbahaya. Anda cukup memanfaatkan bahan alami seperti pepaya sebagai bahan utama untuk perawatan. Gunakan pepaya sebagai masker perawatan secara rutin untuk membuat wajah menjadi lebih putih alami. Anda bisa mencampurkan masker pepaya ini dengan gel lidah buaya agar hasilnya lebih sempurna.

3. Mengurangi noda hitam

Noda hitam pada kulit wajah akibat luka, sel kulit mati, atau bekas jerawat memang terlihat sangat mengganggu dan terasa tidak nyaman. Anda bisa mengurangi noda hitam tersebut dengan memanfaatkan pepaya. Anda bisa mencampurkan pepaya dengan susu atau madu sebagai masker kulit. Lakukan perawatan menggunakan masker ini secara rutin.

4. Anti penuaan dini

Pepaya juga bisa membantu mencegah penuaan dini pada kulit wajah anda. Jadi jika anda ingin wajah yang tetap awet muda serta menyegarkan, lakukan perawatan rutin dengan masker pepaya. Masker pepaya akan menjauhkan anda dari penuaan dini dan menjaga kulit wajah anda tetap awet muda.

Cara membuat masker pepaya

Untuk membuat masker pepaya tidaklah sulit. Dan yang paling utama serta paling penting adalah bahan utama yang harus disiapkan. Yaitu pepaya. Untuk mendapatkannya tidaklah sulit. Bahkan disekitar anda pun mungkin banyak terdapat buah pepaya. Berikut ini cara membuat masker pepaya:
  • Siapkan bahan utama yaitu pepaya dengan campuran bahan lainnya yang anda butuhkan seperti madu, atau susu, atau bahan lainnya.
  • Kupas dan bersihkan pepaya dengan cara dicuci dengan air bersih.
  • Haluskan pepaya dengan menggunakan blender.
  • Campurkan madu kedalam adonan pepaya yang sedang diblender.
  • Masker pepaya siap untuk digunakan.

Cara menggunakan masker pepaya

Setelah anda membuat masker pepaya, sekarang saatnya anda menggunakannya. Jangan asal menggunakan saja, anda perlu tahu caranya bagaimana cara menggunakan masker pepaya yang benar. Berikut ini langkah-langkah penggunaannya:
  • Bersihkan wajah terlebih dulu sebelum memakai masker.
  • Oleskan masker pepaya pada kulit wajah anda secara merata. Lakukan sambil berbaring agar air pepaya tidak menetes.
  • Lakukan pemijatan secara perlahan agar mendapatkan relaksasi dan meningkatkan sirkulasi darah.
  • Diamkan selama 15-20 menit sampai kandungan meresap dan masker mengering.
  • Bilas dengan air hangat, setelah itu lalu ulangi dengan air dingin agar pori-pori kembali menutup.
  • Keringkan perlahan tanpa menggosok kulit wajah agar tidak terjadi iritasi.
Demikianlah informasi tentang Manfaat dan Cara Membuat Masker Pepaya. Pepaya selain sebagai buah segar, juga dapat menjadi masker kecantikan wajah yang memiliki banyak manfaat. Semoga informasi diatas bermanfaat. Terimakasih.